Berita Utama

Bule Belajar Seni dan Budaya Indonesia

Berita Rakyat, - Bule mengagumi Seni dan Budaya Indonesia, Bunyi indah gamelan, begitu mempesona, dan sekaligus alat penghilang stres," itulah kesan pertama Cathy Eastburn, seorang pemain gamelan dan juga sinden yang tinggal di London.

Awalnya, sekitar 20 tahun lalu pada 1996, ia hanya ingin mencoba bermain gamelan di Southbank Centre, tanpa mengetahui dari mana asal alat musik ini.

"Saya langsung jatuh cinta saat mencoba" kata Cathy. "Getaran dan resonansinya masuk ke tubuh Anda. Sesuatu yang terapeutik.

Hal inilah yang membuatnya muncul dengan gagasan membawa gamelan ke penjara melalui berbagai workshop dengan para narapidana, cikal bakal terbentuknya badan amal Good Vibrations.

"Lingkungan penjara membuat stres karena kondisi terisolasi, Saya pikir kenapa tidak membawa gamelan ke penjara."

Dalam 12 tahun terakhir ini, melalui badan ini, sekitar 5.000 narapidana di puluhan penjara Inggris, mendapatkan pelatihan gamelan.

"Pengalaman mendengar bunyi indah ini sangat mengesankan bagi saya. Saya juga menganggapnya sebagai sarana penghilang stres...Bila saya merasa stres, frustasi atau marah atau sedih atau apapun, setelah kelas gamelan, saya merasa lebih baik, lebih tenang, lebih senang," kata Cathy.

"Ini antara lain karena bunyi yang berbeda dari sejumlah instrumen gamelan, dan juga karena saat bermain, rasanya terhubung dengan orang lain. Anda memainkan bagian Anda dan bagian itu cocok dengan apa yang dimainkan orang lain," tambahnya.

"Memainkan sesuatu yang memerlukan konsentrasi penuh, rasanya seolah tersedot dalam bermain musik, dan pikiran juga dialihkan ke musik...sesuatu yang membuat tenang." Para narapidana yang mengikuti pelatihan gamelan ini menyatakan merasa mendapatkan manfaat.

Salah seorang napi yang keluar dari penjara enam bulan lalu, Gurjeet, bercerita kepada Good Vibrations melalui akun Facebook organisasi itu, bahwa gamelan baginya seperti meditasi.

"Bagi saya gamelan seperti meditasi, saya seolah mendapat energi untuk melakukan kegiatan. Saya merasa saya dapat menangani masalah. Gamelan membuat saya membuat saya berpikir tentang Indonesia dan memberi saya mimpi. Saya senang dengan itu," kata Gurjeet.

"Bila saya menghadapi masalah, gamelan membantu saya meringankannya. Gamelan adalah satu hal yang sangat positif, seharusnya lebih banyak orang lagi yang ikut (kelas)," tambahnya.

'Konsentrasi penuh dengan gamelan'
Sementara tahanan di penjara Peterborough, dalam video arsip Good Vibrations mengatakan, "Dalam dunia saya ini rasanya saya tak mungkin merasakan pengalaman ini. dengan bermain gamelan, saya bisa berkomunikasi dengan tahanan lain yang biasanya saya lewati seribu kami. Tapi halangan ini bisa diatasi sekarang. Dengan gamelan, bisa membuat kami keluar dari suasana terisolasi."

Napi lain, Tahyan mengatakan, "Awalnya saya tak berani datang, takut kelihatan bodoh di depan tahanan lain. Namun setelah saya coba, senang saya bisa coba, karena pengalaman lain."

Dari pengalaman para tahanan ini, Cathy mengungkap belajar alat musik Jawa ini menjadi "langkah awal bagi para napi untuk melakukan akativitas lain di penjara dan membantu mereka mencari pekerjaan setelah bebas...membantu mengubah hidup seseorang."

Bule Belajar jadi sinden
Setiap minggu, Cathy masih mengikuti kelas gamelan di Southbank Centre, di kelas tertinggi bersama dengan puluhan orang Inggris lain.

Setelah belajar gamelan beberapa tahun, Cathy mulai tertarik belajar menjadi sinden melalui seorang pelajar Indonesia yang tengah studi di London.

"Saya pilih belajar sindenan walaupun saya tak pernah belajar nyanyi sebelumnya, dan ini merupakan tantangan bagi saya. Itu sekitar 10 tahun lalu dan yang mengejutkan,saya suka sekali."

"Saya tak mengerti bahasa Jawa sama sekali dan saya harus belajar banyak menghafal macapat (tembang Jawa). Dan saya mencoba mencari tahu apa artinya."

Saat ini terdapat lebih dari 150 kelompok gamelan yang tersebar di seluruh Inggris, termasuk di Southbank centre, London, pusat seni terbesar di dunia.

Bersama dengan musisi lainnya, Cathy secara reguler ikut latihan gamelan dan juga menyinden di Southbank.

"Yang penting bagi pesinden adalah pelafalan yang tepat, ini juga menantang, dan juga nadanya tentu, mempelajari kata-katanya juga sangat menantang. secara umum saya menangkap makna tembang-tembang ini," tambahnya.

Jadi kata-kata apa yang dapat menggambarkan gamelan? Bagi Cathy, gamelan adalah "alat yang indah dan magis."

"Dalam 10 tahun ke depan, saya perkirakan gamelan akan bertambah popular karena semakin banyak orang yang mendaftar (di Southbank centre) untuk belajar, Jadi saya harap akan semakin banyak orang yang belajar gamelan, memainkannya dan menikmatinya." (bbc).

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,422,Berita Utama,489,Berita-Foto-Video,411,Berita-Terkidni,15,Berita-Terkini,2050,Covid-19,109,Daerah,2070,EkBis,340,Hak jawab,13,HuKrim,787,Hukum,62,In-Depth News,42,Internasional,288,Investigasi,14,Kesehatan,350,Kuliner,11,LifeStyle,244,Nasional,689,Olahraga,203,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,𝙿𝚊𝚛𝚒𝚠𝚒𝚜𝚊𝚝𝚊,3,Pemerintahan,683,Pendidikan,182,Peristiwa,353,Politik,413,Polri,129,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Bule Belajar Seni dan Budaya Indonesia
Bule Belajar Seni dan Budaya Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-7TxkxpSMe7hdPzwL0GuVHUaexffysaPK6nF0Wdq05ZUVUT9KFTwTYR4gkPDLC1y-AUyCsbHptvI8N4uWcv0ZZ2dVcVBez6HN9Mf7aWSiwjad92B4sC6dbY00sfDbBV2CRpoAsM9IzJw/s320/bule.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-7TxkxpSMe7hdPzwL0GuVHUaexffysaPK6nF0Wdq05ZUVUT9KFTwTYR4gkPDLC1y-AUyCsbHptvI8N4uWcv0ZZ2dVcVBez6HN9Mf7aWSiwjad92B4sC6dbY00sfDbBV2CRpoAsM9IzJw/s72-c/bule.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2016/11/bule-belajar-seni-dan-budaya-indonesia.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2016/11/bule-belajar-seni-dan-budaya-indonesia.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content