Akhirnya Negosiator Polri Berhasil Selamatkan Sandera Rutan Mako Brimob


Brigjen Pol M. Iqbal, Karo Penmas Mabes Polri (kiri) bersama Kepala Divisi Humas  Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (kanan), di Gedung Sabhara Baharkam Polri Direktorat Polisi Satwa, Jalan Komjen Pol M Jasin, Kota Depok, Kamis dinihari, 10 Mei 2018.
Berita Rakyat, Jakarta - Setelah sempat di sandera narapidana terorisme di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok Jawa Barat, selama beberapa jam, akhirnya Bripka Iwan Sarjana dibebaskan oleh penyandera, Kamis, 10 Mei 2018.

Tim negosiator dari Polri yang secara persuasif membujuk penyandra untuk membebaskan Iwan, akhirnya berhasil membebaskan anggota Densus 88 tersebut. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri (Karo Penmas) Brigjen Pol Muhammad Iqbal menuturkan pihaknya berhasil melakukan negosiasi dengan penyandera dan Bripka Iwan Sarjana bisa dibebaskan dengan selamat.

“Akhirnya Iwan sudah bisa kita bebaskan dengan selamat, dan sekarang dia dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk dirawat,” ujar Iqbal pada wartawan, Kamis, 10 Mei 2018.

Sebelumnya, terjadi insiden keributan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, antara narapidana terorisme dengan petugas Rutan.  Kericuhan yang dipicu permasalahan sepele terkait  pemeriksaan makanan dibawa keluarga napi terorisme.  Keluarga napi yang membesuk saat itu menolak dilakukannya verifikasi meski telah dijelaskan bahwa pemeriksaan tersebut sesuai SOP yang berlaku.  Akibat dari perdebatan itulah, muncul konflik yang berujung penyanderaan enam anggota Polisi.  Dari enam sandera, lima sandera gugur akibat dianiaya kelompok napi terorisme dan satu lainnya, yakni Bripka Iwan Sarjana, berhasil diselamatkan setelah terjadi negosiasi alot. 

Berikut nama anggota Polisi yang gugur saat kerusuhan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.  Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto, Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi, Brigadir Polisi Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli, Briptu Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.  Fandy, Syukron, Wahyu, Yudi adalah anggota Densus 88. Sedangkan Denny Setiadi, anggota Polda Metro Jaya yang tergabung dalam satuan khusus antiteror.

***
Penulis : Ivana
Editor :  Setiawan

Related

Polhukam 5309315701518210425

Hot News

Beredar Foto Dua Sejoli Asik Mengkonsumsi Narkoba Didiskotik Surabaya

Foto :  Seorang wanita bernama Meme atu Bella dan teman pria bernama Herman diduga sedang  mengkonsumsi Narkoba jenis putau .  Doc/BR. ...

BERITA TERKINI

item