Berita Utama

Imbas Lima Wartawan Surabaya Jadi Korban Kekerasan Preman Diskotek Ibiza, GMBI Ancam Gelar Aksi


Berita Rakyat, Surabaya.  Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Wilayah Teritorial Jawa Timur mengeluarkan rilis secara resmi menyampaikan akan terjun langsung menginvestigasi Rumah Hiburan Umum (RHU) yang disinyalir tidak berijin.

Langkah ini menindaklanjuti keprihatinannya terhadap  kekerasan yang terjadi kepada 5 wartawan yang sedang melaksanakan tugas jurnalistiknya. 

Sebagai lembaga yang juga menjadi kontrol sosial, ia tidak ingin persekusi atau kekerasan terhadap jurnalis terjadi kembali. Selain itu, dibutuhkan niat baik bagi aparat penegak hukum (APH) serta dinas terkait untuk bertindak tegas.

“Kami memandang perlu adanya ketegasan dari APH dan Instansi dinas terkait. Sebagai bentuk kontrol sosial, kami akan mengawal kasus ini agar dibuka ke publik secara jelas dan transparan. Demi pembelajaran ke depan agar permasalahan yang sama kekerasan terhadap rekan jurnalis tidak terulang kembali,” kata Sugeng, Jumat (4/2/2023).

Ia mengingatkan, di era yang serba canggih ini, publik bisa mengakses segala informasi dengan begitu cepat. Tentu saja informasi yang beredar dari media massa tak lepas dari peran rekan jurnalis dalam menyuguhkan berita kepada masyarakat. Bagi Sugeng, semua itu adalah bentuk karya nyata rekan jurnalis yang harus dihargai bersama.

“Jadi kehadiran Jurnalis harusnya dihargai sebagai bagian tak terpisahkan dalam kontribusinya ikut membangun bangsa ini. Maka tindakan persekusi atau kekerasan yang dialami lima rekan Jurnalis lalu, bagi kami adalah bagian dari pendholiman dan penindasan terhadap anak bangsa,” tegasnya.

Lanjut Sugeng, kepedulian GMBI Jawa Timur ini adalah implementasi atas wujud nyata fisi misi LSM GMBI dalam melawan penindasan dan pendholiman. Karena GMBI hadir di NKRI sesuai peran fungsinya sebagai lembaga monitoring sosial kontrol kinerja aparatur negara maupun swasta. 

Dan sebagai lembaga pendamping dan pengayom masyarakat bawah yang tertindas, terzolimi dan termarjinalkan.


“Kami adalah anak-anak bangsa yang bergerak atas dasar swadaya yang didasari atas kecintaan kami terhadap NKRI. Semua itu juga bagian dari wujud peran serta masyarakat dalam konsep bela negara,” ungkapnya.

GMBI Jawa Timur Akan Datangi Dinas Terkait RHU.
Berkaitan dengan adanya dugaan RHU di Jawa Timur yang tak berijin, aku Sugeng, GMBI Jawa Timur akan konsisten untuk ikut mengawal dan membedah substansi permasalahan yang sebenarnya. Hal ini dilakukan agar publik juga tahu apakah benar selama ini masih ada RHU yang peroperasi tanpa ijin.

Langkah awal, sambungnya, adalah secepatnya untuk bersilaturahmi ke Dinas PUPR Kota Surabaya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP PTSP) Jawa Timur dan Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Tujuan untuk mencari informasi akan legal formal berdirinya RHU, khususnya yang viral dibincangkan publik sebagai diseberang lokasi tragedi dimana 5 jurnalis mendapat kekerasan.

“Sekaligus memohon salinan atas legal formal tersebut. Sebagai bukti untuk acuan dalam langkah kami,” imbuhnya.

GMBI Jawa Timur Terjun Langsung Lakukan Investigasi.
Selanjutnya, Sugeng cs akan mengembangkan dengan mendata dan monitoring dan  investigasi secara menyeluruh terkait beroperasinya RHU di seluruh Jawa Timur. Investigasi ini akan dimulai pada Sabtu 4 Februari 2023.

“Saya instruksikan kepada pimpinan distrik GMBI yang di wilter Jawa Timur. Mulai besok, investigasi langsung ke RHU-RHU yang diduga tidak punya ijin. Termasuk ijin menjual minuman keras, persetujuan masyarakat sekitar. Investigasi langsung,” tegas Sugeng.

Hasil investigasi yang ada, ujarya, akan menjadi bahan acuan GMBI Jawa Timur untuk melakukan audensi ke Instansi terkait sebagai validasi data. Hasil validasi data tersebut,akan dibuatkan berita acara sebagai bukti kongrit akan keabsahan dan legal formal dirinya setiap RHU di Jawa Timur.

“Dengan acuan tersebut, LSM GMBI akan lebih terbuka ruang geraknya dalam menyikapi RHU tak berijin,” kata Sugeng.(04/02/2023).

Kepada RHU yang ternyata terbukti tak berijin, tegasnya, GMBI Jawa Timur akan bersurat kepada pihak pengusaha RHU. Bisa dalam bentuk somasi atau pengaduan masyarakat. pihaknya juga akan mengawal serta mensuport penuh pihak APH dalam penindakan atas pelanggaran-pelanggaran oknum pengusaha nakal.

“Jika pengusaha bisa mematuhi aturan hukum, artinya, usaha yang mereka jalankan adalah sah dan selalu bisa dipantau oleh pihak APH maupun pemerintahan. Karena semua itu juga menyangkut laporan hasil pajak dan lain lain. Harusnya kehadiran rumah hiburan bisa memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah Jawa Timur,” tukasnya.

GMBI Jawa Timur Akan Gelar Unjuk Rasa Besar-Besaran Jika.

Sugeng mendesak semua pihak terkait agar punya good will untuk taat aturan hukum. Ia memastikan, pihaknya tidak akan berhenti jika apa yang mereka inginkan belum terlaksana.

“Apabila tidak ada tindakan kongkrit, maka GMBI akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran dan menyampaikan aspirasi kami di depan umum. Agar publik dan masyarakat tahu terkait permasalahan yang sebenarnya terjadi,” kata Sugeng (04/02/2023)

Kepada masyarakat, ia mengajak untuk peduli terhadap berdirinya RHU di lingkungan mereka. Diakui apa tidak, keberadaan RHU sangat rentan dengan penggunaan narkoba serta praktek transaksi barang haram.

“Mari kita jaga bersama Jawa Timur ini agar kondusif dan aman. Baik dari sisi Kamtibmas maupun peredaran barang barang terlarang. Yaitu narkoba dan sejenisnya,” tutup Sugeng.


Sumber resmi: GMBI Jawa Timur 

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,344,Berita Utama,401,Berita-Foto-Video,374,Berita-Terkini,1945,Covid-19,74,Daerah,2043,EkBis,332,Hak jawab,8,HuKrim,759,Hukum,53,In-Depth News,37,Internasional,285,Investigasi,11,Kesehatan,344,Kuliner,9,LifeStyle,232,Nasional,675,Olahraga,195,Opini,97,Otomotif,27,Pariwisata,75,π™ΏπšŠπš›πš’πš πš’πšœπšŠπšπšŠ,3,Pemerintahan,671,Pendidikan,176,Peristiwa,334,Politik,405,Polri,121,RELIGI,74,Satpol PP,6,Seni-Budaya,60,Sorot,424,Sosial,13,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Imbas Lima Wartawan Surabaya Jadi Korban Kekerasan Preman Diskotek Ibiza, GMBI Ancam Gelar Aksi
Imbas Lima Wartawan Surabaya Jadi Korban Kekerasan Preman Diskotek Ibiza, GMBI Ancam Gelar Aksi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhChCotyjUWqzHABesoNtFoHnZgGnmnxQCcNwNIyTyqhUDuOYfV5gp74tzyljSXnRohqlaQ87TNiVtCaTjGeKXTx12vqonQo8iLsq7giyAbpvd2NuRx9ohEg9FCa7gCvW7z6oeteS6A9Qk92GrHwyorO6TxI_A3l9WlDVZ3Ybj6LcCLsGyvQcl1S2mO0g/s16000/1675468825001.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhChCotyjUWqzHABesoNtFoHnZgGnmnxQCcNwNIyTyqhUDuOYfV5gp74tzyljSXnRohqlaQ87TNiVtCaTjGeKXTx12vqonQo8iLsq7giyAbpvd2NuRx9ohEg9FCa7gCvW7z6oeteS6A9Qk92GrHwyorO6TxI_A3l9WlDVZ3Ybj6LcCLsGyvQcl1S2mO0g/s72-c/1675468825001.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2023/02/imbas-lima-wartawan-surabaya-jadi.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2023/02/imbas-lima-wartawan-surabaya-jadi.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content