Ketua MUI Himbau Pelapor Sukmawati Mencabut Berkas Laporannya


Berita Rakyat, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin beberapa waktu lalu, Rabu (11/4) mendatangi  Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) untuk minta kepada pihak yang melaporkan Sukmawati Soekarnoputri karena dugaan penistaan agama lewat puisi agar mencabut laporannya.

Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi di Jakarta, Kamis (12/4).

"Bapak Ketua Umum mengimbau kepada pihak-pihak yang sudah terlanjur melaporkan Ibu Sukmawati ke Bareskrim Polri, jika memungkinkan untuk mencabut kembali laporannya dan tidak melanjutkan kasusnya," katanya.

"Sukmawati dilaporkan ke kantor polisi terkait dugaan penistaan agama melalui puisi yang dibacakannya pada perayaan 29 tahun desainer Avantie berkarya di Indonesia Fashion Week 2018"
Ia mengatakan imbauan Ketum MUI itu diutarakan oleh Maruf sendiri kepada Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis saat keduanya bertemu di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (11/4).

"Beliau menyarankan untuk menyelesaikan masalahnya melalui mekanisme musyawarah demi menjaga situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang sedang memasuki tahun politik, agar tercipta ketenangan, kedamaian dan tidak menimbulkan kegaduhan, gesekan dan konflik yang berkepanjangan," katanya.

Atas penjelasan Ketua Umum MUI tersebut Ustadz Sobri mengucapkan banyak terima kasih dan memahami atas langkah-langkah yang ditempuh oleh Kyai Maruf Amin sebagai ulama sepuh yang dipandang lebih mengedepankan aspek dakwah daripada hukum.

Namun, ia mengemukakan, proses hukum terhadap Sukmawati terus berlanjut karena demi melaksanakan tugas "amar maruf nahi munkar". Mendengar jawaban Sobri, Ketua Umum MUI tidak mempermasalahkannya sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Related

Nasional 4374898508335858120

Hot News

Beredar Foto Dua Sejoli Asik Mengkonsumsi Narkoba Didiskotik Surabaya

Foto :  Seorang wanita bernama Meme atu Bella dan teman pria bernama Herman diduga sedang  mengkonsumsi Narkoba jenis putau .  Doc/BR. ...

BERITA TERKINI

item