Berita Utama

Keberhasilan Syafrudin Kembangkan Kebun Melon Argowisata Patut Jadikan Percontohan


Berita RakyatBanda Aceh - keberhasilan mengembangkan buah melon hidroponik selama tiga tahun terakhir dari kebun Agrowisata, perlu adanya perhatian khusus dan pengembangan tingkat lanjut dari pemerintah Aceh.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Tim Ahli Pertanian dan Perkebunan Pemuda Tani HKTI Aceh, Ikhsan Radhi STP saat melakukan panen besar buah melon dikebun Syafruddin (55) alias Bangdin di Desa Lam Manyang, Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Senin (08/11/2021).

"Perhatian khusus dari pemerintah Aceh sangat diperlukan untuk tahap kajian dan pengembangan tingkat lanjut, karena pada dasarnya buah melon ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi, dan ini moment langka buah melon bisa tumbuh di daerah pesisir," ungkap Ikhsan Kohe begitu sapaannya.

Menurutnya dengan tingginya kebutuhan buah melon di pasar, kebun ini juga bisa menjadi lahan percontohan untuk terus menggali potensi sektor pertanian di Aceh.

"Banyak buah di Aceh kita masih suplai dari luar daerah, nah sekarang dengan adanya kebun ini kita sudah bisa mulai mencoba mengembangkannya," sebutnya.

Sebagai Tim Ahli bidang Pertanian dan Perkebunan Ikhsan juga sangat bangga dengan Bang Din karena keberhasilannya dalam menyulap lahan bekas Tsunami ini menjadi kebun Argowisata yang sangat terkenal saat ini.

"Ada puluhan ribu batang melon saat ini tumbuh subur di lahan tersebut, padahal jarak berkisar 300 meter dari bibir pantai, dan sekarang panen besar lagi, luar biasa ini," ujarnya semangat.

Ikhsan juga berharap generasi milenial mampu menggepakkan sayap pertanian di Aceh dalam memajukan komoditi tanaman melon sehingga dapat memenuhi permintaan pasar yang meningkat. 

"Tidak hanya dikomoditi melon saja, akan tetapi generasi melenial mampu menembus dalam sektor pertanian lainnya," ucapnya.

Disamping itu, ketua Bidang Lingkungan dan Pariwisata di Pemuda tani  HKTI Aceh, Alma Alfianita mengatakan potensi Argowisata menjadi prioritas dalam pengembangan industri wisata di seluruh dunia, karena itu untuk meningkatkan nilai ekonomi bagi petani dan masyarakat sekitar dan ini juga bisa menjadi peluang untuk generasi pemuda.

"Ini sangat mempengaruhi pendapatan petani dan juga masyarakat disekitar dengan munculnya pegiat dan pelaku usaha di bidang Agrowisata ini," sebutnya.

Menurutnya kebun melon Argowisata ini juga sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan dan turis-turis yang berkunjung ke Aceh.

"Keberhasilan ini patut diperhatikan dan dijaga oleh pemerintah Aceh juga, karena dari segi kelayakan, kebun ini perlu adanya penambahan fasilitas untuk kemajuan kebun tersebut juga," sebutnya.

Ia juga berharap ini bisa di kelola dengan baik dan jadi contoh untuk pemuda juga harus bisa beralih kepada ekonomi kreatif, apalagi maju mundurnya ekonomi saat ini, tergantung dari pada peran pemuda untuk kemajuan bangsa Aceh khususnya.


Penulis : Luqman
Editor : Ade

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,240,Berita Utama,295,Berita-Foto-Video,345,Berita-Terkini,1804,Covid-19,59,Daerah,1978,EkBis,313,Hak jawab,6,HuKrim,741,Hukum,29,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,222,Nasional,646,Olahraga,177,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,644,Pendidikan,153,Peristiwa,300,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,28,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Keberhasilan Syafrudin Kembangkan Kebun Melon Argowisata Patut Jadikan Percontohan
Keberhasilan Syafrudin Kembangkan Kebun Melon Argowisata Patut Jadikan Percontohan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjjiZa_L6XbD_4mmY6KY-3W-GiDGQRWDRk2TLMEyL8vvn6tqLflNpF_W2CG2kUTjgW6NpuDyHg1ecMA5LV4Jh7wYVnGrOxo6j6Okw8yQ6KNM7VmzKlkPwimLHYi5dxR6GUkekkzdXoQqwzMoZ9CNc1R7ez99wbGkIynnUqqzAbkSp-pi8SSfKQeG8Rycw=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjjiZa_L6XbD_4mmY6KY-3W-GiDGQRWDRk2TLMEyL8vvn6tqLflNpF_W2CG2kUTjgW6NpuDyHg1ecMA5LV4Jh7wYVnGrOxo6j6Okw8yQ6KNM7VmzKlkPwimLHYi5dxR6GUkekkzdXoQqwzMoZ9CNc1R7ez99wbGkIynnUqqzAbkSp-pi8SSfKQeG8Rycw=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/11/keberhasilan-bang-syafrudin-kembangkan.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/11/keberhasilan-bang-syafrudin-kembangkan.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content