Berita Rakyat Nusantara - First Media Gencar Ekspansi di Sektor Teknologi dan Bisnis Jakarta, 31 Maret 2017 Layanan dengan konten berupa data, informasi, atau multimedia melalui jaringan internet atau Layanan Over The Top (OTT) menjadi fokus First Media melakukan pengembangan di bidang bisnis dan teknologi.
Industri TV berbayar di Indonesia cenderung responsif, hal ini disampaikan Meena Kumari Adnani, selaku Content and Marketing Director PT. Link Net Tbk. Berdasarkan data Media Partner Asia tahun 2015 untuk industri nasional, penetrasi broadband di Indonesia mencapai 7.7%, dan pay TV 10.7%. Diakui Meena, meski penetrasi TV berbayar masih rendah,namun pertumbuhannya sangat baik, hal ini dikarenakan kompetitor yang mulai berkurang.
“Tiga atau empat tahun lalu banyak kompetitor yang masuk ke industri ini. Namun saat inisatu persatu mulai hilang. Sangat dibutuhkan komitmen yang kuat dan pemahaman yangbaik untuk meningkatkan peneterasi di industri ini,” ujar Meena.
Untuk itu, sebagai salah satu layanan TV berbayar di Indonesia yang bertahan selama 20 tahun hingga saat ini. First Media coba memenuhi kebutuhan konsumen terhadap konektivitas jaringan yang cepat tanpa batas, dengan menawarkan one stop shopping bagi para loyal customer dan newmarket.
Pelanggan tidak hanya dapat menikmati konten TV berbayar dan broadband internet dirumah, kini aplikasi First Media yang diluncurkan sejak tahun lalu, memudahkan subcribers menikmati tayangan berkualitas di manapun berada.
“Sebelumnya First Media Go, kami rebrand menjadi First MediaX (FMX) dan jauh lebih canggih, tidak hanya mempunyai Video-on-Demand (VOD), tapi jika ada program favorit yang terlewatkan, di FMX pelanggan bisaakses program-program tersebut dengan jangka waktu tujuh hari setelah haripenayangannya,” papar Meena.
Istilah TV anywhere melengkapi sederet paket dan kemudahan yang ditawarkan, fokus pada kebutuhan konsumen menjadi komitmen First Media.
“Kami berikan pilihan untuk menontonkonten on the go melalui FMX, dan menyediakan paket internet mobile bekerjasama dengan BOLT,Khusus bagi pelanggan First Media bisa menikmati layanan BOLT dengan pilihan paket yaitu 20GB (Rp99,000), 30GB (Rp149,000) dan paket Unlimited (Rp199,000),” jelas Meena.
Tidak hanya memenuhi kebutuhan sebagai provider TV berbayar, inovasi yang terus dilakukan merupakan bentuk loyalitas perusahaan terhadap konsumen baik dari segilayanan maupun produk. Kini konsumen semakin dimudahkan dengan kehadiran My First Media Apps, pelanggan bisa melakukan pengecekan tagihan pembayaran, diagnosa masalah, dan mendapatkan loyality offers.
“Pelanggan bisa akses semuanya dan tidak perlu lagi menghubungi customer service jika ada masalah, dan hingga saat ini kami terus melakukan pengembangan fitur-fitur terbaru,” tambah Meena.
Layanan lain yang jadi nilai jual First Media adalah set of box yang baru-baru ini dirilis yaituX1 4K Box dengan kualitas 4K. Tak hanya itu, salah satu produk inovasi yang juga banyakdiminati premium subscriber adalah broadband super cepat internet 1 Gbps.Ditambah lagi kehadiran Smart Living yang menawarkan satu paket kenyamanan security sistem yang secara otomatis mampu menyimpan data service, dan mampu merekam segala aktivitas dirumah dengan harga yang terjangkau.
Beragam promo paket lengkap yang ditawarkan First Media kepada masyarakat Nusantara ini terbukti efektif meningkatkan jumlah pelanggan yang kini menyentuh angka 1.024.000 pelanggan (cable TV dan broadband), dan 1.651 total pelanggan corporate berdasarkan data akhir tahun 2016. Selain ekspansi dan inovasi produk yang dilakukan secara kontinu, pencapaian yang signifikan kerap dikaitkan dengan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan bisnis.
Memahami kebutuhan konsumen saja dirasa tidak cukup, Meena memaparkan polamaintenance untuk menjaga loyalitas pelanggan agar mereka merasa dihargai. Poin reward yang kini dikenal dengan OVO points, terintegrasi dengan layanan My First Media Apps,poin yang dihasilkan dari pembayaran tagihan dapat diakumulasi, dimana poin tersebutdapat digunakan untuk menikmati promo lainnya di merchant Lippo Group.
Tentang Link Net – First Media PT Link Net Tbk (“Link Net”), didirikan pada tahun 1996, merupakan penyedia layanan via kabel yang terbesar di Indonesia, yang menyediakan layanan televisi berbayar dengan kualitas tinggi, koneksibroadband berkecepatan tinggi dan komunikasi data di bawah merek “First Media”.
Link Net memiliki dan mengoperasikan jaringan kabel Hybrid Fibel Coaxial (“HFC”) yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk pelanggan-pelanggan ritel dan korporasi.
Link Net juga mengoperasikan layanan televisi berbayar dengan berkolaborasi dengan PTFirst Media Television (“FMTV”).
Simak lebih lanjut di www.firstmedia.com
Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:Duma GracePublic RelationsFirst Mediap. +6221 5577-7755f. +6221 5577-7373e. duma.grace@firstmedia.com (red).