Berita Utama

Upaya Ciptakan Kemajuan Dan Percepatan Pelayanan di Desa, Dispemasdes Sosialisasikan Aplikasi Jedisa

Kadispemasdes Adi Wijaya saat paparan Program Jedisa
Berita Rakyat, Jember - Demi menunjang kemajuan dan  percepatan pelayanan di tingkat Desa, Pemkab Jember melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemades) sosialisasikan aplikasi J-Ekonomi Digital Desa (Jedisa) di Desa Suco, Mumbulsari, Senin (21/2/2022).

Saat ini yang kita hadapi adalah era digitalisasi, yang mana harus tetap kita hadapi. Meskipun dalam waktu lambat laun.

Kepala Dispemasdes, Adi Wijaya, mengatakan saat ini masyarakat sudah dihadapkan dengan era 4.0. Dimana semua pelayanan sudah menggunakan teknologi digital. Sebagian besar penduduk sudah memanfaatkan jejaring internet. 

"Kita mencoba berkompetisi menggunakan teknologi jaringan yang sudah tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan. Pemerintah Desa (Pemdes) akan kita fokuskan pada sisi pelayanan. Dan akan menggunakan teknologi digital," ujarnya.

Adi melanjutkan, pihaknya memperkenalkan istilah smart village (Desa Pintar) dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Desa Suco. Harapannya, basis data yang akan diolah menjadi valid. Selain itu, pelayanan juga akan semakin cepat. Transparansi. Dan potensi terkait dengan penyimpangan bisa diperkecil.

"Target kami, tahun 2022 ini, sebanyak 226 Desa di Kabupaten Jember sudah menggunakan aplikasi yang seragam. Yaitu aplikasi Jedisa. Sehingga data yang ada di Desa bisa ditarik sebagai database di tingkat Kabupaten," imbuhnya.

Adi menambahkan, semua hal yang ada di Desa itu nantinya akan menjadi sumber data. Kalau ada data, otomatis bisa diolah menjadi pengetahuan. Kalau pengetahuan dikumpulkan, otomatis akan menjadi wawasan. Dan kalau sudah ada wawasan, barulah Pemerintah bisa merumuskan sebuah kebijakan.

"Harapan kami seperti itu. Tahun ini kita gagas semua menggunakan smart village. Pendekatan digitalisasi desa. Kemudian kita gagas untuk kelembagaan di Pemdes," bebernya.

Jadi, kata Adi, Pemdes harus bisa memanfaatkan jaringan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan. Sehingga bisa menghemat tenaga, waktu, biaya dan yang lainnya.

"Jedisa ini nantinya bisa mempermudah pelayanan yang ada di Desa. Makanya SDM Desa juga harus dipersiapkan. Makanya selama 4 hari kedepan mereka akan dilatih soal tegnologi digital," tutupnya.

Sementara, Kepala desa (Kades) Suco, Taufik Hidayat, menyambut baik program Bupati Jember, Hendy Siswanto, terkait aplikasi Jedisa di Desa Suco. Sebab kehadiran Jedisa akan melengkapi berbagai macam program yang ada di kantor Desa Suco.

"Sehingga Desa Suco bisa lebih reaktif, inovatif, dan produktif. Makanya kami mencoba memberikan materi berbagai digitalisasi kepada pemuda milenial. Selama 4 hari ini mereka akan digembleng menjadi sumber daya yang akan mengangkat potensi Desa. Dan akan memberikan yang terbaik kepada Desa," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dispemasdes: Adi Wijaya, Camat Mumbulsari, Kades dan BPD Suco beserta perangkatnya, serta segenap peserta pelatihan.

Penulis : Rollah
Editor : Redaksi

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,275,Berita Utama,322,Berita-Foto-Video,360,Berita-Terkini,1841,Covid-19,67,Daerah,2006,EkBis,327,Hak jawab,6,HuKrim,749,Hukum,35,In-Depth News,32,Internasional,277,Investigasi,5,Kesehatan,333,Kuliner,3,LifeStyle,225,Nasional,652,Olahraga,184,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,π™ΏπšŠπš›πš’πš πš’πšœπšŠπšπšŠ,3,Pemerintahan,653,Pendidikan,154,Peristiwa,309,Politik,405,Polri,108,RELIGI,68,Satpol PP,6,Seni-Budaya,56,Sorot,419,Sosial,12,teknologi,29,TNI,2,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Upaya Ciptakan Kemajuan Dan Percepatan Pelayanan di Desa, Dispemasdes Sosialisasikan Aplikasi Jedisa
Upaya Ciptakan Kemajuan Dan Percepatan Pelayanan di Desa, Dispemasdes Sosialisasikan Aplikasi Jedisa
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgFzJL_PGI0k6sfivVTx4TrcB6i2nSLGzA78EZPbGnW5hgPnSwLGhg8tb19cBS5ZAyuT5gJmBvpUfOJ7lMbiQb2jRhYezxuJn8S9qyTq8TRwICEraQ0Hw0FM9eXJ8uVP8CD3EV8oyo2z_J2Q-pbzQoDRQfysFvGoCurO7ugvmXErwv4wZeOhDMT4qsClw=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgFzJL_PGI0k6sfivVTx4TrcB6i2nSLGzA78EZPbGnW5hgPnSwLGhg8tb19cBS5ZAyuT5gJmBvpUfOJ7lMbiQb2jRhYezxuJn8S9qyTq8TRwICEraQ0Hw0FM9eXJ8uVP8CD3EV8oyo2z_J2Q-pbzQoDRQfysFvGoCurO7ugvmXErwv4wZeOhDMT4qsClw=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/upaya-ciptakan-kemajuan-dan-percepatan.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/upaya-ciptakan-kemajuan-dan-percepatan.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content