Berita Utama

Bahas Program Kerja, Raker KKB Pusat Makassar Berlangsung Dengan Hujan Interupsi


Berita Rakyat, Makassar. Raker Kerukunan Keluarga Bantaeng (KKB) Pusat Makassar 2021-2025 berlangsung alot di Gedung BPSDM Sulawesi Selatan. Sabtu, (17/7/2021). 

Setelah acara pembukaan raker selesai, pimpinan sidang Drs. Fatahuddin Paduai, M.Pd tampil kedepan membuka sidang dan memberikan arahan agar sidang berlangsung tertib. Tak lama berbicara, Fatahuddin langsung memberi kesempatan kepada perwakilan masing-masing departemen untuk membacakan program kerjanya selanjutnya ditanggapi peserta raker. 


Hujan interupsi berkali- kali terjadi menambah semarak peserta raker. Dalam mengendalikan sidang agar tetap kondusif, pimpinan sidang di dampingi oleh Ketua Panitia Armin L Yasin, SE dan Sekertaris Muh. Dzakwan Nas.

Satu persatu dipersilahkan perwakilan departemen membacakan program kerjanya. Setelah itu, pimpinan sidang membacakan kembali dan melempar ke peserta rapat untuk disetujui. Sidang akhirnya diskor untuk istirahat, shalat dhuhur, dan makan siang (ishoma). 

Pukul 13.30, pimpinan sidang kembali mengundang peserta raker memasuki ruangan dan mempersilahkan perwakilan departemen membacakan programnya selanjutnya ditanggapi peserta rapat.  


Suana sidang tetap terkendali yang disaksikan ketua umum, H. Gunyamin, SE, MM, dan sekertaris umum H.Muh. Nasrun, MS sampai program masing masing departemen dibacakan dan disahkan pimpinan sidang setelah peserta sidang menyatakan setuju. 


Berikut Program Kerja Departemen Kerukunan Keluarga Bantaeng (KKB) Pusat Makassar Periode 2021-2025 hasil Raker di Gedung BPSDM Sulsel, Sabtu, 17/7/2021.

Departemen Organisasi dan Keanggotaan; Pemutakhiran Data Base Anggota, Pembuatan Kartu Anggota KKB, Pembentukan Pengurus Wilayah KKB.

Departemen Informasi dan Kehumasan; Publikasi Rutin kegiatan KKB, Pemusatan pengelolaan akun media sosial KKB, Pelatihan Kehumasan dan Leterasi Media, Seminar, workshop, loka karya regional maupun nasional, Pembuatan Portal Media Online sebagai pusat Informasi dan Usaha KKB.

Departemen Hukum dan HAM; Program jangka pendek; Membuat legalitas KKB sebagai payung hukum organisasi (AD dengan akta Notaris yang akan dimohonkan SK dari Dep Hum HAM & di daftarkan pada Kesbangpol). Program jangka Menengah; Penyuluhan hukum kepada anggota secara berkala (bisa setiap 3 bulan) tajuk (baru wacana) "KKB taat Hukum" diadakan secara offline & online, Bantuan Hukum kepada anggota KKB. Program jangka panjang, Penyuluhan Hukum ditingkat aparat Kab Bantaeng (materi terkait jabatan dan pendukungnya)
Penyuluhan Hukum Umum kepada masyarakat dengan sasaran perkecamatan di Bantaeng, Pendalaman Wawasan Kebangsaan dari Lamhannas untuk tingkat pelajar dan mahasiswa, ToT (Training of Traener) Wawasan Kebangsaan dari Lemhannas untuk tingkat guru dan pendidik di Bantaeng bekerjasama dengan Pemkab.

Departemen Penggalian Sumber Dana; Optimalisasi Iuran anggota (Minimum Rp. 10.000), pembuatan Merchandise KKB
mencari alternatif sumber daya pendanaan yang sah dan tidak mengikat peningkatan jumlah donatur tetap.

Departemen Pengembangan Usaha; Pembentukan Koperasi. Tujuan yang akan dicapai: Terbentuknya sebuah Koperasi yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kesejahteraan warga KKB dan Masyarakat Bantaeng Inventarisasi Kelompok Petani Sawah dan Ladang Petani Rumput Laut. UKM, Tujuan: Adanya data Rill tentang Kelompok Petani sawah dan ladang serta kelompok UKM di Bantaeng. Menjalin Kerjasama dengan Pemkab Bantaeng  dalam mengoptimalkan pengelolaan aset
Tujuan yang akan dicapai: Tecapainya Bentuk kerjasama (MoU) antara Pemda Kab. Bantaeng dengan Koperasi KKB, tentang sisitim pengelolaan mesin penggilingan Beras dan gudang Gabah
Mengupayakan Peran Koperasi KKB sebagai buffer price bagi petani   ( Padi, jagung, sayuran dan rumput laut)
Tujuan yang akan dicapai: Terciptanya kestabilan harga komoditi, terutama pada saat panen raya
Menjadikan Koperasi KKB sebagai fasilitator antara petani dengan eksportir (Pedagang Besar) komoditi untuk memasarkan hasil panen/ komoditi
Tujuan yang akan dicapai: Memberi Informasi dan kemudahan akses bagi petani untuk pengembangan usaha, yang berskala besar.
Pelatihan Wirausaha Berbasis IT. Tujuan yang akan dicapai : Memberi pengetahuan pengelolaan Usaha berbasis IT dalam (Forum Komunikasi Koperasi KKB dgn Kel.Petani dan UKM) terutama jelang hari jadi Bantaeng.

Departemen Pertanian dan Kelautan; Revitalisasi Produksi Rumput Laut Kabupaten Bantaeng, Tujuan: mengembalikan kejayaan produksi rumput laut di Kabupaten Bantaeng.Penyusunan kalender tanam rumput laut. Penyuluhan metode budidaya rumput laut yang benar. Diversifikasi jenis rumput laut yang dibudidayakan.Pendampingan kelompok untuk percontohan budidaya rumput laut. Pelatihan bagi pegawai Pemkab (Dinas Perikanan & Kelautan) untuk monitoring luasan budidaya dan produksi rumput laut. Percontohan pengelolaan pasca panen rumput laut. Pengenalan teknologi kepada nelayan untuk penentuan lokasi potensil penangkapan ikan. Tujuan : membekali nelayan tentang pengetahuan dan ketrampilan menggunakan bantuan teknologi untuk menentukan lokasi penangkapan ikan. Pelatihan kelompok nelayan dalam menggunakan aplikasi SIPANDORA untuk mengetahui lokasi penangkapan ikan pelagis besar. Pembuatan atlas zona potensil penangkapan ikan pelagis kecil.  Bantuan peralatan GPS dan FishFinder kepada kelompok nelayan. Pelatihan kelompok nelayan menggunakan GPS dan FishFinder.

Departemen Sosial dan Keagamaan; Menghimpun dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat Bantaeng yang terkena bencana, Mengunjungi daerah yang rawan bencana untuk memberikan sosialisasi tentang mitigasi bencana dan ceramah keagamaan, Memfasilitasi warga KKB yang akan menyalurkan qurban di kabupaten Bantaeng, Melaksanakan buka puasa dan tarwih bersama di rumah tokoh² KKB, Mengirim khatib/ penceramah agama islam ke Desa binaan KKB, Bekerjasama dengan KKB Wilayah dan Pemkab Bantaeng dalam membangun masjid/ mushollah KKB di Bantaeng Berpartisipasi dalam setiap pelaksanaan kegiatan PHBI di Bantaeng, Mengupayakan Pengadaan Mobil Ambulance KKB.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM); Membantu Pemkab Bantaeng mewujudkan berdirinya perguruan tinggi di Bantaeng, Mengirim anak Bantaeng yang putus sekolah untuk mengikuti kursus keterampilan, Bekerjasama dengan  HPMB dan SLTA di Bantaeng dalam melaksanakan Bimbel, Bekerjasama dengan Pemkab Bantaeng dan Pihak ketiga lainnya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia
Mengadakan A' Rappung Sipatangara/seminar sehari bekerja sama dengan Pemkab Bantaeng sekaitan dengan menghadirkan para Tenaga Ahli Profesional anggota KKB, mengupayakan membentuk komunitas Kampung Bahasa untuk kalangan pelajar dan Mahasiswa di Kab. Bantaeng bekerjasama dengan Pihak Terkait, Mengadakan Kemah Bakti di Bantaeng bekerjasama dengan Pelajar dan Mahasiswa, Mengadakan Anugerah Prestasi Pelajar dan Mahasiswa asal Bantaeng bekerjasama dengan Pemkab Bantaeng setiap tahun untuk memacu semangat kompetisi pelajar dan mahasiswa asal Bantaeng di lingkungan sekolah atau kampus.

Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender; Pembenahan Asrama Perempuan (PHBS)
Kerjasama dengan dinas pemberdayaan perempuan kab. Bantaeng dan Sosialisasi terhadap pelajar dan mahasiswa bantaeng yang ada di Makassar, dengan melaksanakan pelatihan–pelatihan, Memfasilitasi Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan terhadap pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu
Membangun Crisis Center.

Departemen Pemuda dan Olahraga; Melakukan kunjungan ke Asrama HPMB guna bersilaturrahim dengan Mahasiswa asal Bantaeng dalam waktu setiap 3 bulan, Melaksanakan Festival dan Pelestarian budaya lokal di Bantaeng
Melaksanakan “Kemah Pemuda Butta Toa” pada hari Sumpah Pemuda di Bantaeng, Raihlah Pemuda Bantaeng (Biografi Tokoh-tokoh Pemuda Bantaeng).Jejak langkah pemuda-pemudi Bantaeng yang berkiprah dan berprestasi, Mengusulkan kepada Pemkab Bantaeng agar memberi rekomendasi magang di perusahaan - perusahaan yang ada di Bantaeng kepada Siswa/Mahasiswa yg akan menyelesaikan studi, Membangun kesadaran berolahraga dengan KKB Sehat, Membangun kerjasama dengan penyelenggara penyalur tenaga kerja dalam dan luar negeri.

Departemen Seni dan Budaya; Pembuatan Lagu Mars KKB berlandaskan ketentuan pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Membentuk Paduan Suara Binaan KKB, Optimalisasi Gerakan Literasi Seni dan Budaya, Memberdayakan Pelaku Seni dan Budaya baik perseorangan maupun kelompok/organisasi/lembaga/komunitas, Menyelenggarakan event tahunan dengan menekankan kearifan lokal Bantaeng pada khususnya serta popularitas empat etnis (Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar) pada umumnya berupa lomba, pameran maupun seni pertunjukan dan sebagainya, Membuat patung batu di perbatasan Kab. Bantaeng dan Kab. Jeneponto. 


Dalam raker juga diumumkan dan sahkan dalam sidang lagu Mars KKB sebagai motivasi dalam mengelorakan semangat berorganisasi dengan karya, ide, dan gagasan yang inovatif-kreatif.

KERUKUNAN KELUARGA BANTAENG
RUMPUN SOLIDARITAS SEHATI 
IKATAN KAMPUNG HALAMAN KITA
MENYATU BERDASAR ASAS PANCASILA 

AKRAPPUNG SIPAKALAKBIRI
BERSATU SALING MENYOKONG 
PARAGITTE SIKAPACCEI
MENYATU DALAM KKB

KERUKUNAN KELUARGA BANTAENG
BINA PERSATUAN DAN KESATUAN
BERSATU TINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA
MITRA PEMERINTAH MEMBANGUN BANTAENG

AMMANYU SIPARAMPE, TALLANG SIPAUMBA
SOLIDARITAS, KESETIAKAWANAN
CERMINAN ADAT GITTE TU BANTAENG
IDENTITAS BUTTTA TOA BANTAENG. 




Notes: 
Pencipta lagu Mars KKB adalah Mas'ud Uqbah Al Ansyari, S.Pd, M.Pd. 
Lahir di Bantaeng,  01 November 1990. 

Penulis : Izack


Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,228,Berita Utama,283,Berita-Foto-Video,337,Berita-Terkini,1791,Covid-19,53,Daerah,1968,EkBis,309,Hak jawab,5,HuKrim,733,Hukum,24,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,221,Nasional,643,Olahraga,175,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,640,Pendidikan,152,Peristiwa,296,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Bahas Program Kerja, Raker KKB Pusat Makassar Berlangsung Dengan Hujan Interupsi
Bahas Program Kerja, Raker KKB Pusat Makassar Berlangsung Dengan Hujan Interupsi
Kkb Bantaeng
https://1.bp.blogspot.com/-q6z_dYWRxrc/YPUA6LsTQ3I/AAAAAAAAMIs/9lXPAThC2G8iKkHgt6veFp2wRpbYFfUxQCLcBGAsYHQ/s16000/IMG-20210719-WA0010%257E2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-q6z_dYWRxrc/YPUA6LsTQ3I/AAAAAAAAMIs/9lXPAThC2G8iKkHgt6veFp2wRpbYFfUxQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210719-WA0010%257E2.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/bahas-program-kerja-raker-kkb-pusat.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/bahas-program-kerja-raker-kkb-pusat.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content