Berita Utama

Mudahkan Layanan Pada Masyarakat, 4 Institusi Penegak Hukum Bentuk Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi

Rakor Pembentukan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi


Berita Rakyat, Banyuwangi. Pengadilan Negeri Banyuwangi memiliki inovasi untuk membuat aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi. Proses pembuatan aplikasi tersebut melibatkan 4 instansi penegak hukum yang ada di Kabupaten Banyuwangi, terdiri dari Pengadilan Negeri, Kepolisian, Kejaksaan, dan Lembaga Pemasyarakatan, Kamis (8/7/2021) .

Untuk mematangkan pembuatan aplikasi tersebut, Pengadilan Negeri Banyuwangi menggelar rapat koordinasi dengan 4 instansi penegak hukum dan kominfo guna membahas hal-hal yang akan dimuat dalam aplikasi tersebut. Perwakilan Lapas Banyuwangi dipimpin langsung oleh Kalapas serta didampingi Kasi Binadik dan Kasubsi Registrasi.

Wakil Ketua PN Banyuwangi Khamazaro Waruwu dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan layanan terhadap masyarakat. Beberapa data yang direncanakan untuk dimuat dalam aplikasi tersebut antara lain terkait dengan sita, penggeledahan, penahanan, dakwaan, dan tuntutan.

Khamazaro menambahkan, nantinya aplikasi tersebut dapat dijadikan sebagai media tukar data antar instansi penegak hukum di Banyuwangi. "Agar aplikasi ini dapat tersaji dengan maksimal, saya berharap adanya masukan dari bapak/ibu terkait apa saja yang sekiranya perlu dimuat dan disajikan dalam aplikasi ini," ucapnya.

Pembuatan aplikasi ini juga melibatkan Kominfo Banyuwangi dalam hal eksekutor aplikasi dan penyediaan server.


"Kami berharap dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi, melalui kominfo untuk penyempurnaan aplikasi ini. Karena aplikasi ini dapat digunakan untuk memberikan kemudahan serta kecepatan layanan untuk masyarakat Banyuwangi," tambah Khamazaro.

Sependapat dengan Khamazaro, Ketua PN Banyuwangi Hj. Nova Flory Bunda mengatakan bahwa aplikasi tersebut dihadirkan agar proses peradilan pidana tidak mengalami keterlambatan dan dapat diproses dengan cepat serta dapat terlaksana dengan baik.

 

"Mari kita duduk bareng disini untuk berdiskusi membahas perancangan aplikasi ini, sebagai salah satu upaya untuk memajukan Banyuwangi dengan memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat Banyuwangi," jelas Nova.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi tersebut. "Saya sangat mendukung pembuatan aplikasi ini, karena dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan kami di Lapas untuk menerima data yang kami butuhkan. Karena kecepatan data yang dapat kami terima berpengaruh terhadap kegiatan pembinaan yang akan kami lakukan terhadap warga binaan di Lapas," pungkas Wahyu. 



Penulis : Hakim Said

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,225,Berita Utama,281,Berita-Foto-Video,336,Berita-Terkini,1790,Covid-19,53,Daerah,1966,EkBis,308,Hak jawab,5,HuKrim,731,Hukum,24,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,221,Nasional,643,Olahraga,175,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,638,Pendidikan,151,Peristiwa,294,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Mudahkan Layanan Pada Masyarakat, 4 Institusi Penegak Hukum Bentuk Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi
Mudahkan Layanan Pada Masyarakat, 4 Institusi Penegak Hukum Bentuk Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Banyuwangi
https://1.bp.blogspot.com/-GYVHep7dCDU/YObo_NoJYWI/AAAAAAAAcWE/_vzOPCpZJqEccFvZZfmeDOga67qLEGTMgCNcBGAsYHQ/s16000/PN%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GYVHep7dCDU/YObo_NoJYWI/AAAAAAAAcWE/_vzOPCpZJqEccFvZZfmeDOga67qLEGTMgCNcBGAsYHQ/s72-c/PN%2B1.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/mudahkan-layanan-pada-masyarakat-4.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/mudahkan-layanan-pada-masyarakat-4.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content