Berita Utama

Terkait Persoalan Ijen, Ketua BEM Poliwangi Sebut Pemkab Banyuwangi Teledor dan Ceroboh

Bagus Alfiyan Pujo Santoso, Ketua BEM Poliwangi


Berita Rakyat, Banyuwangi. Terkait Persoalan Ijen, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Politeknik Negeri Banyuwangi, Bagus Alfiyan Pujo Santoso, turut menyampaikan pernyataannya. Dalam persoalan Ijen, dia menyebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah berbuat teledor dan ceroboh.

Kepada awak media, Bagus meminta Pemkab bisa mengembalikan Ijen ke pelukan Banyuwangi. Karena itu sebagai bentuk tanggungjawab dari keteledoran dan kecerobohan yang dilakukan untuk mempertahankan aset dan potensi Bumi Blambangan.


“Pemkab Banyuwangi harus mampu mengusahakan hak paten, baik secara pengakuan administrasi maupun asumsi publik tentang segmentasi pengelolaan Ijen. Ini perlu dilakukan agar supaya tidak muncul kembali permasalahan-permasalahan serupa," sergahnya, Selasa (6/7/21).


Dikatakan Bagus, untuk itu permasalahan Ijen tersebut memang bukan pertamakalinya terjadi. Perdebatan mengenai status kepemilikan Gunung Ijen pun sejak tahun 2007 sudah pernah diperbincangkan, karena potensi wisata dan tambang belerang yang dimiliki gunung berapi dari ijen tersebut memang potensial.


“Selama 14 Tahun telah berlalu, Ijen berdiri kokoh dan dikenal sebagai destinasi wisata unggulan Banyuwangi. Bahkan sampai saat ini disebutkan terkait julukan "Triangle Of Diamond", dimana salah satunya adalah kawah Ijen. Hal itu dibuktikan pula dalam peta secara geografis yang membentuk garis  segitiga ketika ditarik lurus bersama dengan wisata lainnya, yakni Plengkung dan Sukamade,” paparnya.


Menurut Bagus, bahwa Ijen merupakan salah satu icon Kabupaten Banyuwangi, sejak dulu sebelum berkembang hingga sekarang sudah menjadi salah satu primadona tempat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bahkan hal tersebut juga tercantum pada makna logo dari Kabupaten Banyuwangi. Dan tentunya setiap makna dalam logo tidak ada yang kebetulan, atau bahkan secara sembrono tercantum.


“Baru-baru ini juga muncul tanggapan dari pemerintah yang menyebutkan "Masyarakat Banyuwangi Sudahlah Jangan Buang-Buang Tenaga". Ini bukan soal buang-buang tenaga kami yang sia sia, karena kami meyakini dan merasa bahwa Ijen adalah potensi Banyuwangi. Untuk itu, permasalahan Ijen ini harus menjadi perhatian kita semua khususnya masyarakat Banyuwangi,” tegasnya.


Lanjut Bagus, bahwa Ijen merupakan potensi wisata Banyuwangi, menjadi tanda tanya besar untuk semuanya dan berhak mempertanyakan. Sebenarnya dinamika apa yang dimaksudkan Pemkab Banyuwangi dalam penandatanganan, penekanan apa yang diterima, paksaan dengan cara apa yang dilakukan untuk itu.


“Kita seolah-olah dibuat bingung atas ketidaksinkronan antara penyampaian lisan dan bukti tulisan yang ada. Katanya, kebijakan berdasar dari suatu kebajikan. Katanya, memperjuangkan apa yang semestinya menjadi hak kita semua untuk didapatkan. Lantas kenapa ketika sudah menjadi milik kita, justru akan dilepas begitu saja? Hanya karena sebuah dinamika tindakan yang memicu permasalahan besar yang seakan-akan menjadi sebuah ketidaksengajaan yang bisa semudah itu ditoleransi,” tandasnya.



Penulis : Hakim Said

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,228,Berita Utama,283,Berita-Foto-Video,337,Berita-Terkini,1791,Covid-19,53,Daerah,1968,EkBis,309,Hak jawab,5,HuKrim,733,Hukum,24,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,221,Nasional,643,Olahraga,175,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,640,Pendidikan,152,Peristiwa,296,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Terkait Persoalan Ijen, Ketua BEM Poliwangi Sebut Pemkab Banyuwangi Teledor dan Ceroboh
Terkait Persoalan Ijen, Ketua BEM Poliwangi Sebut Pemkab Banyuwangi Teledor dan Ceroboh
https://1.bp.blogspot.com/-tyc_zgkuNCg/YOXajilzfgI/AAAAAAAAcVM/MwiX56yCG4sI4_xEB6qu3gHIiTtJXFCjwCNcBGAsYHQ/s16000/Bagus%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tyc_zgkuNCg/YOXajilzfgI/AAAAAAAAcVM/MwiX56yCG4sI4_xEB6qu3gHIiTtJXFCjwCNcBGAsYHQ/s72-c/Bagus%2B2.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/terkait-persoalan-ijen-ketua-bem.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/terkait-persoalan-ijen-ketua-bem.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content