Berita Utama

Kampung Mataram Kuno Segera Hadir di Kabupaten Magelang


Berita RakyatMagleang - Kabupaten Magelang segera memiliki Kampung Mataram Kuno. Sebuah kawasan berbalut nuansa kehidupan penduduk zaman Mataram Kuno dengan berbagai atraksi seni budaya.

Hal tersebut disampaikan Mul Budi Santoso, tim teknis Pembangunan Kampung Mataram Kuno di Kabupaten Magelang saat ditemui awak media Berita Rakyat di kantornya, Kamis (2/12/2012).

Kampung Mataram Kuno ini bukan sebuah rumor atau wacana. Kami melalui Disparpora Kabupaten Magelang merencanakan ini (Kampung Mataram Kuno) akan dibangun di Eks Taman Rekreasi Mendut," kata Mul Budi Santoso.

Menurutnya, Taman Rekreasi Mendut yang di dalamnya terdapat kolam renang selama ini hanya mampu menarik pengunjung lokal saja. Namun, ketika nanti dibangun Kampung Mataram Kuno di tempat tersebut tentunya dapat menjadi opsi baru wisatawan untuk menikmati Kabupaten Magelang dengan waktu yang lebih lama.

Karena Kampung Mataram Kuno ini akan menjadi satu destinasi sebagai sarana edukasi wisata bagaimana peradaban nenek moyang kita, sehingga generasi sekarang dan ke depan harus bangga karena leluhur telah memiliki peradaban yang luar biasa," lanjutnya.

Selain rumah-rumah penduduk yang dibuat mirip era Mataram Kuno, menurut Budi yang juga sebagai Ketua KSBN Kabupaten Magelang itu juga terdapat Amphy Teater yang megah dengan kapasitas sound system dan lighting yang canggih.

(Amphy Teater) bisa digunakan untuk pelaku seni budaya di Kabupaten Magelang," jelasnya.

Dirinya mengharapkan Kampung Mataram Kuno tersebut nantinya dapat menjadi ajang kreativitas pelaku seni budaya yang sudah terkurasi dengan baik.

Secara terpisah ketika ditemui di kantornya, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengatakan Detail Engineering Design (DED) Kampung Mataram Kuno sudah dilakukan pada tahun ini. Hal tersebut sudah termasuk dengan kajian lingkungannya.

Sudah bukan wacana lagi ini (Kampung Mataram Kuno). Ini masuk dalam satu paket proyek nasional. Dan sudah ada Perpresnya yaitu Perpres 79 tentang percepatan pembangunan di kawasan DSP Borobudur," kata Husein.

Destinasi tersebut nantinya, menurut Husein, akan memperkuat DSP Borobudur dengan arsitektur bangunan menyerupai kehidupan Mataram Kuno yang menerapkan konsep terpadu yaitu spot buatan, budaya dan sport tourism.

Karena di situ juga akan dibangun Dermaga Rafting. Harapannya setelah wisatawan selesai rafting mereka akan disuguhkan dengan nuansa Mataram Kuno, termasuk kulinernya juga," lanjutnya.

Husein menjelaskan pembangunan Kampung Mataram Kuno tersebut berada di dua sisi yaitu di Taman Rekreasi Mendut dan Taman Anggrek. Sehingga Kampung Mataram Kuno ini menjadi satu tambahan paket wisata di Kabupaten Magelang.

Nanti ini kemungkinan yang melaksanakan dari PUPR. DED kan sudah tahun ini, harapannya nanti dapat segera dibangun. Dan nanti akan dikelola oleh Pemda, termasuk tiga gerbang KSPN Borobudur yaitu Gerbang Gajah, Singa dan Kalpataru itu akan dikelola kita (Pemda)," pungkasnya. 


Penulis : Tyo
Editor : Anon

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,210,Berita Utama,257,Berita-Foto-Video,320,Berita-Terkini,1738,Covid-19,43,Daerah,1957,EkBis,306,Hak jawab,2,HuKrim,699,Hukum,1,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,328,Kuliner,3,LifeStyle,218,Nasional,636,Olahraga,142,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,71,Pemerintahan,629,Pendidikan,146,Peristiwa,289,Politik,400,Polri,104,RELIGI,65,Satpol PP,4,Seni-Budaya,53,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Kampung Mataram Kuno Segera Hadir di Kabupaten Magelang
Kampung Mataram Kuno Segera Hadir di Kabupaten Magelang
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgHzUQjxNJgV8SH4-_bbiGU7KaZ89-XOa9QZJ2eONiqRlAd6dldaGeR9mSyQ6rT9OOxQFSrnNi1xiDKl50j72iP_DZ2HdpHEc6F-LkV9CG_-ZzgT-Un-7ytU7U7JUTbv7mKkpUdwTBENglQRWH4F6iItdOcrQkF2WSbQYFoDSRDc0Qbs-84qxSg12kmlQ=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgHzUQjxNJgV8SH4-_bbiGU7KaZ89-XOa9QZJ2eONiqRlAd6dldaGeR9mSyQ6rT9OOxQFSrnNi1xiDKl50j72iP_DZ2HdpHEc6F-LkV9CG_-ZzgT-Un-7ytU7U7JUTbv7mKkpUdwTBENglQRWH4F6iItdOcrQkF2WSbQYFoDSRDc0Qbs-84qxSg12kmlQ=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/12/kampung-mataram-kuno-segera-hadir-di.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/12/kampung-mataram-kuno-segera-hadir-di.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content