Berita Utama

Bersama Team Satgas Pangan, Ditreskrimsus Poldasu Ungkap Gudang Penimbun Minyak Goreng

Tim Satgas Pangan dan Subdit I/Indag Ditreskrimsus Poldasu saat meninjau langsung gudang penimbun minyak goreng



Berita Rakyat, Medan - Kelangkaan minyak goreng yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara membuat Kapolda Sumut gerah.

Atas perintah Kapolda Sumut, maka dibentuk tim untuk memonitoring dan mengantisipasi enam komoditas bahan pokok penting.

Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut dan tim Satgas Pangan pun diterjunkan untuk melakukan monitoring kelangkaan minyak goreng berikut bahan pokok penting yang ada di wilayah Sumatera Utara.

Selanjutnya, bersama Tim Satgas Pangan, Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut mendatangi beberapa gudang di Kabupaten Deliserdang yang diduga menyimpan/menimbun minyak goreng kemasan. 

Dari beberapa gudang yang didatangi, tiga gudang dicurigai menyimpan/menimbun minyak goreng kemasan. 

Ketiga gudang tersebut yaitu, gudang PT Indormarco Prismatama di Jalan Industri, Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk di Jalan Kawasan Industri, Deliserdang dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk di Jalan Sudirman, Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, Kombes Pol John CE Nababan, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (19/2/2022) membenarkan temuan Tim Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut, pada saat mendatangi tiga gudang yang ada di Deliserdang tersebut.

Ini kita lakukan untuk menjawab kelangkaan minyak goreng selama ini. Selain itu kita juga melakukan monitoring bahan pokok penting.

"Ya benar, Ditreskrimsus Polda Sumut dan Tim Satgas Pangan telah melakukan monitoring terhadap beberapa gudang bahan pokok penting, serta mengecek ketersediaan minyak goreng," ujar John Nababan.

Kombes Pol John Nababan mengungkapkan, pada saat dilakukan pengecekan di gudang PT Indomarco Prismatama ditemukan minyak goreng kemasan 1 liter merek Parveen sebanyak 1.184 kotak atau 23.680 pcs. 

Kemudian, gudang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk  ditemukan minyak goreng kemasan 1 liter dengan merek Parveen sebanyak 1.121 kotak atau 22.420 pcs. 

Yang terakhir, gudang PT. Salim Ivomas Pratama Tbk ditemukan minyak goreng kemasan merek Bimoli sebanyak 25.361 kotak.

"Dari pengecekan itu, kita menemukan salah satu gudang menyimpan minyak goreng dalam jumlah besar. Saat ini temuan tersebut sedang kami dalami," ungkapnya.

Selanjutnya, penyidik akan mengundang pemilik gudang untuk memberikan klarifikasi, pada, Senin (21/2/2022) depan. 

"Iya, kita akan undang untuk klarifikasi, apakah ada indikasi penimbunan atau tidak. Jika nantinya ada indikasi pelanggaran hukum, tentu kita akan proses," tegas Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut tersebut.

Lebih lanjut John mengatakan, Ditreskrimsus Polda Sumut dan Tim Satgas Pangan Provsu akan terus berkoordinasi dan melakukan monitoring terhadap perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok, khususnya minyak goreng yang beredar di pasaran.

"Kita akan melakukan upaya hukum terhadap spekulan atau oknum tertentu yang melakukan penimbunan minyak goreng, dengan memanfaatkan isu Covid -19 demi mencari keuntungan pribadi,"ucap John Nababan.

John juga mengingatkan para produsen minyak goreng agar mempedomani kebijakan pemerintah, khususnya Kemendag tentang DMO (Domestic Market Obligation) dan DPO (Domestic Price Obligation). 

"Saya minta minyak goreng yang ada digudang segera di distribusikan ke toko-toko agar dapat dimanfaatkan masyarakat,"harapnya. 

Terkait DMO, para produsen minyak goreng agar lebih mengutamakan kebutuhan CPO dalam negeri sebesar 20 persen, selanjutnya sisanya baru boleh di ekspor.

Untuk kebijakan DPO, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah sebesar Rp11.500 per liter. Minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500, dan minyak goreng kemasan premiun Rp14.000 per liter.

"Di imbau kepada masyarakat agar tidak panik. Kami akan mengawasi dan menindak jika ada oknum yang merugikan masyarakat. Untuk itu kami sampaikan, belilah minyak goreng sesuai kebutuhan," pungkasnya santun.

Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Redaksi

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,422,Berita Utama,489,Berita-Foto-Video,411,Berita-Terkidni,15,Berita-Terkini,2050,Covid-19,109,Daerah,2070,EkBis,340,Hak jawab,13,HuKrim,787,Hukum,62,In-Depth News,42,Internasional,288,Investigasi,14,Kesehatan,350,Kuliner,11,LifeStyle,244,Nasional,689,Olahraga,203,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,𝙿𝚊𝚛𝚒𝚠𝚒𝚜𝚊𝚝𝚊,3,Pemerintahan,683,Pendidikan,182,Peristiwa,353,Politik,413,Polri,129,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Bersama Team Satgas Pangan, Ditreskrimsus Poldasu Ungkap Gudang Penimbun Minyak Goreng
Bersama Team Satgas Pangan, Ditreskrimsus Poldasu Ungkap Gudang Penimbun Minyak Goreng
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjj_CMDDKi6igi4xFifBuhiXihk0ZRbaNKo75KyGKN-vSR4GUgTyclqIDa09c5bIZwF8tdVKFHOll34OpMWXdIwIeD8cy6Y9jakzgQ28xEM3vVW2Blh8RLQ6pCmRRjvhbJETQQgNI7i7p4NTvHYmtMPpqJhC16ii7Pp6vt-PNBhVypNeG1gBdzgFXSkog=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjj_CMDDKi6igi4xFifBuhiXihk0ZRbaNKo75KyGKN-vSR4GUgTyclqIDa09c5bIZwF8tdVKFHOll34OpMWXdIwIeD8cy6Y9jakzgQ28xEM3vVW2Blh8RLQ6pCmRRjvhbJETQQgNI7i7p4NTvHYmtMPpqJhC16ii7Pp6vt-PNBhVypNeG1gBdzgFXSkog=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/bersama-team-satgas-pangan.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/bersama-team-satgas-pangan.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content