Berita Utama

Kelompok KPM 08 IAIN Lhokseumawe Laksanakan Bakti Sosial

Foto kelompok KPM 08 IAIN Lhoksemawe Laksanakan Bakti Sosial



Berita Rakyat, Lhokseumawe - Kelompok Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 08 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe laksanakan Bakti Sosial pada Jumat (11/02) di Halaman Rumah Ibadah dan Kantor Gampong Rayek Kareung Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Bakti sosial yang berupa gotong royong dan bersih-bersih ini dilakukan dilingkungan rumah ibadah (Meuansah) dan Kantor Desa mulai dari pagi pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 11.00 wib. Dengan tujuan mengkampanyekan kebersihan Lingkungan dan selain peserta KPM yang terdiri dari 14 Orang, kegiatan ini juga dibantu beberapa tokoh masyarakat sekitar termasuk dukungan oleh perangkat desa Rayek Kareung berikut juga pemuda. 

Muhammad Farhan, Selaku Ketua Kelompok KPM 08 juga mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya Mahasiswa untuk dekat dalam kehidupan masyarakat dan sebagai upaya interaksi untuk meningkatkan hubungan emosional antara Mahasiswa KPM dengan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk Pengabdian kami mahasiswa yang datang bertamu ke kampung orang, dengan latar belakang dan kearifan yang berbeda namun terus belajar untuk menyesuaikan diri. Ini adalah upaya untuk ikut serta dalam kegiatan masyarakat, untuk kami belajar menjadi bagian dari masyarakat,”

Menurutnya lagi, kegiatan bersih-bersih juga bisa menjadi sebagai bentuk mengkampanyekan bagaimana membangun lingkngan yang bersih dan sehat, meskipun kita melihat masyarakat ini mayoritas sudah paham dan sudah punya kesadaran kebersihan yang luar biasa.

Begitupun Pandu Wibowo, menurutnya gampong Rayek Kareung merupakan daerah langganan banjir maka sudah tentu masyarakat paham mitigasi bencana dan manfaat membersihkan aliran sanitasi seperti got-got maupun sungai sehingga banjir bisa diatasi.

“Sebenarnya kegiatan bersih-bersih ini bukan prioritas kelompok kami, masih banyak kegiatan-kegiatan bersifat social dan inovasi yang akan kami laksanakan kedepan. Namun kami rasa dengan bergotong royong begini pemuda-pemuda pun bisa melihat bahwa Mahasiswa juga peduli terhadap kebersihan lingkungan,” Ungkap Pandu.

Sementara menurut Dedi, Sekretaris Gampong Rayek Kareung Mengungkapkan apresiasi terhadap bakti social yang dilakukan Mahasiswa KPM, menurutnya Mahasiswa yang notabene Pemuda berpendidikan yang mampu berdampingan dengan masyarakat,  apalagi beraktifias dengan mengajak masyarakat bergotong royong adalah suatu hal yang dirasa sangat baik, karena di zaman ini jika dilihat seluruh Aceh pun masyarakat bergotong royong untuk bersih-bersih lingkungan hanya bila ada momentum atau even, jarang yang bersifat rutinitas yang bersifat kontinu.

“ Kita apresiasi kepada adik-adik mahasiswa, baik dari sikap mereka yang santun dan beretika dan juga program-program yang inovatif seperti yang dilakukan sekarang ini dengan membangun keadaran masyarakat terhadap mencegah banjir dan peduli kebersihan khususnya rumah ibadah, yang merubah anggapan bahwa rumah ibadah adalah tugas Bilal atau marbot. Kita tahu sekarang budaya Gotong royong dimanapun sekarang agak susah dilakukan, harus ada arahan khusus atau even. Jarang sekali yang berupa rutinitas,” Ungkap Dedi.

Penulis : Luqman
Editor : Nanang

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,388,Berita Utama,442,Berita-Foto-Video,382,Berita-Terkidni,3,Berita-Terkini,1996,Covid-19,81,Daerah,2059,EkBis,335,Hak jawab,9,HuKrim,767,Hukum,56,In-Depth News,38,Internasional,285,Investigasi,11,Kesehatan,348,Kuliner,9,LifeStyle,237,Nasional,678,Olahraga,198,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,π™ΏπšŠπš›πš’πš πš’πšœπšŠπšπšŠ,3,Pemerintahan,676,Pendidikan,177,Peristiwa,338,Politik,405,Polri,127,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,426,Sosial,17,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Kelompok KPM 08 IAIN Lhokseumawe Laksanakan Bakti Sosial
Kelompok KPM 08 IAIN Lhokseumawe Laksanakan Bakti Sosial
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj797V7OZhCxUAh9QvzDLV5c11WeSUINmiJCMqP-_HgoSxypnAvwgxTZKlCVGt1V_vYHH5KddcMxF42YQyarjAaAZwqbRsX-CFMtC11cCaTxkjc0HrUK7n0ghCbjtK3W6W_6LgzSi9sXtxA_yOfNwwAvLffofIP1wzL0i4yN0IYtQrWyzQLwaUKYLL02g=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj797V7OZhCxUAh9QvzDLV5c11WeSUINmiJCMqP-_HgoSxypnAvwgxTZKlCVGt1V_vYHH5KddcMxF42YQyarjAaAZwqbRsX-CFMtC11cCaTxkjc0HrUK7n0ghCbjtK3W6W_6LgzSi9sXtxA_yOfNwwAvLffofIP1wzL0i4yN0IYtQrWyzQLwaUKYLL02g=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/kelompok-kpm-08-iain-lhokseumawe.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/02/kelompok-kpm-08-iain-lhokseumawe.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content