Berita Utama

Kasus Debitur Pailit, Ditreskrimsus Polda Jatim Bekerja Profesional

Kantor kuasa hukum BSL
Berita Rakyat, Jakarta - Kasus PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (debitur dalam pailit) angkat bicara melalui Kuasa Hukum Ikhsyan Suprasetya,  S.H. Menyikapi terkait pernyataan Kuasa Hukum Kurator Y dan D, yang telah melakukan pemberitaan di media online https://www.Kompasiana.com tanggal 31 Agustus 2022 dan tanggal 7 Agustus 2022 di https://detiknews.co.id. Apresiasi untuk kinerja Ditreskrimsus Polda Jatim yang telah profesional dalam menangani kasus tersebut.

Dalam pemberitaan di media disebutkan, bahwa Kuasa Hukum Kurator membuat pemberitaan seolah Pelapor melakukan kriminalisasi terhadap Kliennya. Hal ini disampaikan oleh Kuasa Hukum Kurator tersebut untuk mengintervensi pihak kepolisian, serta menghambat proses penyidikan di kepolisian. Diduga untuk menggagalkan proses penyelidikan yang saat ini telah naik menjadi penyidikan di Ditreskrimsus Polda Jatim.

Kuasa Hukum Pelapor (debitur dalam pailit) Ikhsyan Suprasetya, membantah dan menilai bahwa tudingan Kuasa Hukum Kurator tersebut sangat mencoreng nilai-nilai dari esensi suatu upaya hukum bagi para pencari keadilan, dengan tujuan agar laporan atas adanya dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh Kurator PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (dalam pailit) menjadi tidak dapat diproses secara hukum pidana. 

“Permasalahan yang dilaporkan oleh klien kami kepada Ditreskrimsus Polda Jatim bermula dari suatu manipulasi yang dilakukan oleh Kurator PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (dalam pailit) dalam pembuatan Daftar Piutang Tetap yang Tidak Sesuai dengan Putusan Pengadilan Yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap,” kata Kuasa Hukum Pelapor (debitur Pailit) melalui keterangannya, Sabtu, 3 September 2022.

Kuasa Hukum Pelapor (debitur Pailit) menjelaskan, sesuai dengan prosedur dalam UU Kepailitan dan PKPU No. 37 tahun 2004, bahwa kliennya telah melakukan Renvoi Prosedur sebanyak dua kali atas Nilai Tagihan yang ditetapkan dalam DPT (Daftar Piutang Tetap). Namun tidak ada tanggapan maupun tindak lanjutnya. 

Sementara itu, Kurator PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (dalam pailit) menutup mata terhadap keberatan Debitur atas nilai tagihan dalam DPT, sehingga Kuasa Pelapor menilai bahwa hak kliennya selaku Debitur dalam pailit telah diabaikan, dikesampingkan dan dihilangkan oleh Kurator tersebut. 

“Malahan Kurator tersebut dengan sengaja melakukan pelelangan aset milik PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (dalam pailit). Yang mana hal tersebut didasari atas tindakan Kurator tersebut yang telah memanipulasi DPT sehingga mengakibatkan penggelembungan Nilai Tagihan dalam DPT, hal ini tentunya sangat merugikan harta pailit Debitur,” ujarnya.

Oleh karena itu, PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri yang didampingi Kuasa Hukumnya Kantor Hukum ESL telah melaporkan Kasus tersebut pada Direktorat Reskrimsus Polda Jatim. 

Kuasa Hukum Pelapor (debitur) menyebutkan bahwa justru proses penyelidikan yang dilakukan Ditreskrimsus Polda Jatim berjalan Sangat lambat, lantaran setelah lebih dari 6 bulan baru naik ke proses penyidikan. Kuasa Hukum Pelapor menyebut ada oknum yang berusaha menghambat proses hukum yang ditempuh oleh kliennya, agar tidak dapat dilanjutkan ke tahap penyidikan dengan tujuan akhir untuk menghentikan kasus tersebut.

“Oleh karena itu, demi memperjuangkan hak-hak klien kami untuk mendapatkan perlakuan hukum yang seadil-adilnya, maka kami meminta agar Ditreskrimsus Polda Jatim dalam menangani perkara ini harus mengedepankan Projustitia dan tidak terintervensi / terpengaruh oleh oknum yang berusaha keras untuk menghalang-Halangi proses penegakan hukum ini. Dikarenakan Klien kami adalah Korban atas dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh Kurator tersebut,” tegas Kuasa Hukum Pelapor (Debitur Pailit).

Masih dengan Ikhsan, atas upaya hukum kami pada Ditreskrimsus Polda Jatim telah sejalan dengan Undang-Undang Kepailitan dan PKPU No. 37 Tahun 2004 Pasal 72.

"Kurator bertanggung jawab terhadap kesalahan atau kelalaiannya dalam melaksanakan tugas pengurusan dan/atau pemberesan yang menyebabkan kerugian terhadap harta pailit”.

Hal di atas sejalan juga dengan Pasal 234. Terkait Tindakan Kurator yang tidak Independen dan memiliki benturan kepentingan dengan Debitor/Kreditor dapat dikenakan Sanksi Pidana dan/atau perdata,” lanjutnya.

“Bahwa Upaya Hukum yang Klien Kami tempuh Sudah Tepat dan Berdasarkan Hukum, yang mana Laporan atas dugaan Tindak Pidana tersebut bukan merupakan suatu tindakan yang mengkriminalisasi terhadap Subyek Hukum (kurator tersebut), karena hal tersebut Telah Sesuai dengan Ketentuan Undang-Undang dan dapat dimintai Pertanggung Jawabannya Secara Hukum,” tandasnya.

Dengan demikian, Kuasa Hukum Pelapor (debitur pailit) meminta agar Penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim dapat bekerja secara Profesional tanpa ada Intervensi dari Oknum yang dengan sengaja membuat skenario untuk menghentikan proses hukum dalam penanganan kasus tersebut di Ditreskrimsus Polda Jatim.

Sebelumnya didalam media tersebut, Hadi Pranoto melaporkan Ditreskrimsus Polda Jatim pada Presiden. Karena institusi tersebut dinilai diperalat debitor pailit PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri (Dalam Pailit) untuk mengkriminalisasi Kurator. 

Hal tersebut diungkapkan Hadi Pranoto setelah Ditreskrimsus Polda Jatim menerbitkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor : SP.Lidik/ 519/II/ RES.2.2/2022/ Ditreskrimsus tanggal 18 Februari 2022. dimana sebelumnya diwaktu yang sama Surat Informasi Nomor : LI/362/ II/RES/ 2.2/2022/ Ditreskrimsus tanggal 18 Februari 2022, juga diterbitkan.

Penulis : Nanang

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,240,Berita Utama,295,Berita-Foto-Video,345,Berita-Terkini,1804,Covid-19,59,Daerah,1978,EkBis,313,Hak jawab,6,HuKrim,741,Hukum,29,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,222,Nasional,646,Olahraga,177,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,644,Pendidikan,153,Peristiwa,300,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,28,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Kasus Debitur Pailit, Ditreskrimsus Polda Jatim Bekerja Profesional
Kasus Debitur Pailit, Ditreskrimsus Polda Jatim Bekerja Profesional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_lHB3-3Qrbq1WAfrfUoIFCzrD5Gaa3pmwDcQXA1i1hlua5Rf1MQQhuDTB0dmKAXppsiEwJ6RGUUjhYeAziEZqwrj5A6QMAF2N7I4uwHAUP8BmKG4jdZrdHxmy95i_jFrlkYrKTVEivAWVxUwqtKWgflGFpv9quH6UyrUBsUTLUWtgEGro_0-_tpAWvQ/s16000/IMG-20220904-WA0051.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_lHB3-3Qrbq1WAfrfUoIFCzrD5Gaa3pmwDcQXA1i1hlua5Rf1MQQhuDTB0dmKAXppsiEwJ6RGUUjhYeAziEZqwrj5A6QMAF2N7I4uwHAUP8BmKG4jdZrdHxmy95i_jFrlkYrKTVEivAWVxUwqtKWgflGFpv9quH6UyrUBsUTLUWtgEGro_0-_tpAWvQ/s72-c/IMG-20220904-WA0051.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/09/kasus-debitur-pailit-ditreskrimsus.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/09/kasus-debitur-pailit-ditreskrimsus.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content