Berita Utama

Sugesti, Pencak Silat Ramah Anak Hadir di Surabaya

Berita Rakyat, Surabaya.  Sekolah Pencak Silat Sugesti (SPSS)  dengan konsep beladiri ramah anak, memutuskan membuka diri dan mengembangkan keilmuannya untuk masyarakat umum, dengan  kurikulum yang telah disesuaikan, dari konsep tempur pasukan menjadi style life untuk olah raga dan kesenian. 

Pencak Silat adalah Local Genius Bangsa ini. Tradisi ini  sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

Menurut Ketua SPSS Surya A, gerakan dan aplikasi beladiri harus ilmiah,  bergerak se_realistis mungkin,  apa adanya tampa dipaksakan  sesuai  anatomi tubuh manusia,  sehingga cidera saat latihan dan terluka saat pertempuran bisa dihindari. 

Menyikapi semakin derasnya pengaruh tekhnologi gadget  pada anak, selain itu para remaja semakin asyik berada di warkop untuk maen game.  Pencak Silat Sugesti menawarkan metoda pelatihan beladiri yang berbeda.  Berprinsip tako' sabbher Ngasteteh ( takut, sabar dan hati-hati), kombinasi  pencak Madura dan Samarinda  ini mengklaim ajarannya, cocok untuk semua usia dan kalangan. 

"Berpencak dengan hati bergerak secara ilmiah, sakti tampa aji-aji, kuat tampa tirakat," ujar Surya. 

Lanjut Surya, "Pencak Sugesti berbeda Kak,  bentuk latihannya bertahap dan disesuaikan dengan umur, tidak menyakiti fisik apalagi hati. Peserta didik digembleng  terlebih dahulu secara sistematis dan  terukur, setelah dirasa cukup lalu dilakukan praktek aplikasi terkontrol  agar diketahui  hasil dari  latihan tersebut," paparnya, Minggu (26/2/2023)

"Kita latihan gak berat  kok, sambil main-main ajah, terutama kelas anak-anak, tapi tetap serius dan tertata sesuai silabusnya masing-masing," tutup Surya. 

Disisi lain, pelatih utama SPSS Abo Bibo  mengungkapkan kendala latihan mereka yang kurang maksimal karena   belum punya tempat latihan sendiri. Saat ini mereka latihan berpindah - pindah dan masih di luar ruangan. Abo ingin sekali memiliki Padepokan / Dojo sendiri agar para peserta didik bisa berlatih dengan nyaman, terhindar dari panas dan hujan. 

"Kendati belum punya Padepokan, kita berlatih dimana saja, di taman,  di lapangan atau di dalam rumah, baik itu reguler atau private. intinya bagaimana membiasakan anak-anak dan remaja untuk melakukan gerakan pencak silat disetiap aktivitasnya sehari-hari, sehingga akan terbiasa, nah kalau sudah biasa lama lama akan menjadi ahli," terang Abo. 

"Jadwal latihan menyesuaikan keadaan, tergantung moodnya anak-anak, tapi kita biasa latihan setiap Minggu pagi," tambahnya. 

Bahwa belajar Pencak Silat menurut Pelatih SPSS tersebut,  harus bisa dipraktekkan dalam kehidupan yang nyata, bukan khayalan.  Belajar Pencak Silat pastinya selain untuk kesehatan lahir dan batin,  jangka panjangnya tentu agar kelak anak mampu menjaga dirinya, keluarga dan Bangsanya. 

Masih kata Abo, "Anak adalah peniru yang baik, maka jika ingin anak kita rajin berlatih, maka harus dimulai dari orang tuanya, saat orang tuanya berlatih anak lama kelamaan akan meniru, begitupun jika orang tua sibuk dengan hpnya, maka anak pun akan mendekat", pungkasnya. 

Sebagaimana umum diketahui, bahwa semua makhluk hidup memiliki insting untuk melindungi dirinya sendiri. Apalagi Manusia yang diberi akal dan pikiran, berlatih Pencak Silat hanyalah salah satu upaya untuk mengaktifkan insting tersebut. 



Penulis : Agusnal 
Editor : Redaksi
N_Ji 
Siswi Pencak Sugesti

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,422,Berita Utama,489,Berita-Foto-Video,411,Berita-Terkidni,15,Berita-Terkini,2050,Covid-19,109,Daerah,2070,EkBis,340,Hak jawab,13,HuKrim,787,Hukum,62,In-Depth News,42,Internasional,288,Investigasi,14,Kesehatan,350,Kuliner,11,LifeStyle,244,Nasional,689,Olahraga,203,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,𝙿𝚊𝚛𝚒𝚠𝚒𝚜𝚊𝚝𝚊,3,Pemerintahan,683,Pendidikan,182,Peristiwa,353,Politik,413,Polri,129,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Sugesti, Pencak Silat Ramah Anak Hadir di Surabaya
Sugesti, Pencak Silat Ramah Anak Hadir di Surabaya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiN8tiM8dWuxjt5NwIOPWSFx-pQ1S-u8zfgLJN4VF561Pa8_XXA-SJud6jjcTDkn9x7c4hfDpWw_nR_DXEsSwHkLYlVw5RW7_UEvWdCpKartP-TFKXmaaUs54YZuZVXzN07rW9Hr4HmFs3hYCdzAjD3TUTO8OKrrTOd9EkSzPDCwVslp_BpCoPeJ8HB/s16000/IMG_20230226_090354.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiN8tiM8dWuxjt5NwIOPWSFx-pQ1S-u8zfgLJN4VF561Pa8_XXA-SJud6jjcTDkn9x7c4hfDpWw_nR_DXEsSwHkLYlVw5RW7_UEvWdCpKartP-TFKXmaaUs54YZuZVXzN07rW9Hr4HmFs3hYCdzAjD3TUTO8OKrrTOd9EkSzPDCwVslp_BpCoPeJ8HB/s72-c/IMG_20230226_090354.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2023/02/sugesti-pencak-silat-ramah-anak-hadir.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2023/02/sugesti-pencak-silat-ramah-anak-hadir.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content