Berita Utama

Nadiem Larang Tes Calistung Pada PPDB SD/MI

Ilustrasi Kantor Kemendikburistek, foto sumber kemendikburistek
Berita Rakyat, Jakarta. Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek) menghapuskan tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di jenjang SD/MI.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode 24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yang disiarkan di YouTube, Selasa (28/3/2022).

Mulanya, Nadiem menjelaskan terdapat miskonsepsi atau salah paham soal calistung. Namun, ia menyebut bukan berarti calistung topik yang tidak penting untuk diajarkan di PAUD.

Nadiem menilai metode mengajarkan calistung pada anak juga salah. Sebab, membuat anak menganggap sekolah bukan hal yang menyenangkan.

Seperti dilansir dari CNNIndonesia, Nadiem berkata, "Ini menurut saya, suatu hal yang membuat saya sangat kesal. Bahwa tes calistung itu dijadikan kriteria untuk anak masuk SD. Ini suatu hal yang sudah tidak bisa lagi ditolerir," ujar Nadiem.

Menurut Nadiem, persepsi soal calistung adalah satu-satunya yang penting dalam pembelajaran PAUD membawa sejumlah konsekuensi pada anak.

Konsekuensi yang ia nilai paling menakutkan yakni anak merasa bahwa belajar itu tidak menyenangkan sejak umur kecil. Persepsi itu, kata dia, bakal sangat sulit diputar kembali.

Ia menjelaskan konsekuensi lainnya dari fokus eksklusif kepada calistung ini adalah kehilangan kemampuan regulasi emosional seorang anak. Nadiem menilai kemampuan regulasi emosi bahkan lebih penting dari calistung karena berhubungan dengan kemampuan komunikasi dan belajar anak di kemudian hari.

"Jadi dengan itu, kebijakan kita pada saat ini, Merdeka Belajar Episode ke 24, akan memandatkan satuan pendidikan untuk pertama, menghilang semua jenis tes calistung dari proses penerimaan murid-murid kita di SD. Ini yang pertama dulu, ini yang harus kita hilangkan. Tidak ada abu-abu di sini. Ini adalah hak-nya anak untuk masuk SD," jelas Nadiem.

Nadiem menegaskan jangan sampai SD merasa tidak memiliki tanggung jawab sama sekali untuk mengajarkan calistung kepada anak didik karena itu dianggap menjadi tugas PAUD. Ia mengklaim masih banyak anak di Indonesia yang tidak berkesempatan masuk PAUD sebelum masuk SD.

Tes calistung sebagai bagian dari proses penerimaan peserta didik di tingkat SD, dianggap Nadiem telah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

"Jadi kami harapkan episode Merdeka Belajar ini menegaskan peraturan PP ini dan juga Permen yang secara hitam putih melanggar tes calistung sebagai kriteria masuk sekolah dasar," terang dia.

Tak hanya perihal calistung, Nadiem juga memberi mandat untuk diadakannya masa orientasi pada jenjang PAUD dan SD.

"Kedua, kita memandatkan bahwa untuk setiap kali anak itu masuk PAUD atau anak itu pertama kali masuk SD, akan ada masa perkenalan atau semacam orientasi selama dua minggu. Jadi anak itu pertama kali masuk PAUD ada masa orientasi dua minggu, ada masa perkenalan. Anak itu masuk SD, ada juga dua minggu masa perkenalan tersebut," tutur dia.

Mandat ketiga yang disampaikan Nadiem adalah untuk menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak, baik di PAUD maupun SD.

Nadiem lantas menjabarkan enam kemampuan fondasi anak yang dia singgung, yakni pertama, nilai agama dan budi pekerti. Kedua, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi.

Lalu, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar. Selain itu, kemampuan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar seperti kepemilikan dasar literasi dan numerasi.

Kemudian, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri. Terakhir, pemaknaan terhadap belajar yang positif.

"Keenam kemampuan harus dibangun secara berkelanjutan. Dari PAUD hingga kelas 2 pada jenjang pendidikan dasar," imbuh dia.

Penulis : cakmet
Editor : Slamet

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,389,Berita Utama,443,Berita-Foto-Video,382,Berita-Terkidni,4,Berita-Terkini,1997,Covid-19,81,Daerah,2059,EkBis,335,Hak jawab,9,HuKrim,768,Hukum,57,In-Depth News,38,Internasional,285,Investigasi,11,Kesehatan,348,Kuliner,9,LifeStyle,237,Nasional,678,Olahraga,198,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,π™ΏπšŠπš›πš’πš πš’πšœπšŠπšπšŠ,3,Pemerintahan,676,Pendidikan,177,Peristiwa,339,Politik,405,Polri,127,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,426,Sosial,17,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Nadiem Larang Tes Calistung Pada PPDB SD/MI
Nadiem Larang Tes Calistung Pada PPDB SD/MI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzvaT-YnTmCrZP72Hmyuj6D7J7rL40pqOvDa0uS8quQa6-uNe7_rkVvR9y32na84vFJs8PahHEXX6krH0qm8_iDMVYaifKwtInjc6kwxUps3msN8BaRQVqHbk0p7LUlRkRqp5xTB11T-_c2eR5Z09Q8bWnorqR6tJmGFqNqHmsdVdSRjIL5F6541KF/w640-h426/download.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzvaT-YnTmCrZP72Hmyuj6D7J7rL40pqOvDa0uS8quQa6-uNe7_rkVvR9y32na84vFJs8PahHEXX6krH0qm8_iDMVYaifKwtInjc6kwxUps3msN8BaRQVqHbk0p7LUlRkRqp5xTB11T-_c2eR5Z09Q8bWnorqR6tJmGFqNqHmsdVdSRjIL5F6541KF/s72-w640-c-h426/download.jpeg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2023/03/nadiem-larang-tes-calistung-pada-ppdb.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2023/03/nadiem-larang-tes-calistung-pada-ppdb.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content