Berita Utama

Tips Puasa Sehat Tanpa Sakit Perut

Caption: Ilustrasi sakit perut saat puasa, sumber foto hellosehat.com
Berita Rakyat, Surabaya.  Puasa  Ramadhan  adalah momen yang dinantikan, namun kerap terganggu dengan keluhan  sakit perut. Apa penyebab sakit perut saat puasa dan bagaimana mengatasinya?

Puasa tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh, yaitu :
  1. Membantu pembakaran lemak dalam tubuh.
  2. Memberi waktu untuk regenerasi sel-sel kekebalan tubuh.
  3. Memicu hormon rasa bahagia.
Namun karena tubuh terbiasa dengan ritme makan pada siang hari, terjadi beberapa keluhan  sakit perut yang disebabkan oleh : 
  1. Konsumsi makanan yang tidak tepat saat sahur, seperti makanan asam atau pedas.
  2. Intoleransi laktosa.
  3. Kekurangan vitamin.
  4. Memiliki penyakit kronis, dan  masalah peradangan pada sistem pencernaan.
  5. Alergi makanan atau alergi obat tertentu.
Nah berikut cara mengatasinya :
  1. Makan secukupnya saat sahur dan berbuka puasa. Kebiasaan yang bisa menjadi penyebab sakit perut saat puasa yaitu karena makan berlebihan. Memang, puasa membuat Anda ngidam banyak makanan untuk disantap saat berbuka puasa. Atau, Anda berpikir untuk makan lebih banyak saat sahur agar tidak kelaparan saat puasa nanti. Hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan Anda. Ketika Anda makan lebih banyak, organ lambung butuh waktu lebih lama untuk memecah makanan dan dapat memicu sakit perut. Jangan lupa untuk mengunyah makanan Anda secara perlahan sampai benar-benar halus. Menerapkan cara ini juga bisa membantu mencegah Anda terlalu banyak makan.
  2. Hindari makanan pedas dan berlemak. Setiap makanan pedas tentu mengandung cabai yang membuat Anda merasakan sensasi panas atau terbakar saat memakannya. Ternyata, hal ini disebabkan kandungan capsaicin pada cabai. Makanan pedas bukanlah pilihan makanan yang tepat untuk berbuka puasa dan sahur. Pasalnya, kandungan capsaicin pada cabai dapat mengiritasi lambung Anda.
  3. Kebiasaan makan gorengan serta makanan tinggi lemak juga bisa memicu sakit perut. Sebab, lemak bisa memperlambat kerja sistem pencernaan dan dapat meningkatkan asam lambung. Kalau Anda tidak ingin sakit perut saat puasa, hindari makanan-makanan ini dulu selama bulan Ramadan, ya!
  4. Hindari minuman berkafein Layaknya sarapan, mengawali menu sahur dengan minum teh manis hangat memang dapat melegakan tenggorokan. Namun, kebanyakan minum teh bisa menyebabkan sakit perut saat Anda berpuasa nanti. Kandungan kafein dalam teh dan kopi dapat mengiritasi lambung. Pasalnya, kafein menstimulasi gerak usus untuk bergerak lebih cepat saat mencerna makanan. Akibatnya, perut jadi terasa sakit dan bahkan menyebabkan diare.
  5. Jalan-jalan setelah makan. Ketimbang berdiam diri atau langsung tidur, coba sempatkan waktu selama beberapa menit untuk berjalan kaki setelah makan.
Cara ini cukup berguna untuk menghindari Anda dari risiko sakit perut saat puasa, sebab gerakan tubuh dapat membantu pencernaan dengan mendorong rangsangan pada perut dan usus. Sehingga, makanan akan lebih cepat bergerak dan dicerna.

Selain itu, aktivitas fisik berintensitas rendah hingga sedang yang dilakukan setelah makan berpotensi untuk memberikan efek perlindungan pada saluran pencernaan tubuh.

Bila cara-cara yang tertera sudah Anda lakukan tapi tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Ini juga termasuk bila Anda memiliki kondisi tertentu yang memengaruhi metabolisme tubuh seperti diabetes.

Dikutip dari Hellosehat.com

Penulis : cakmet                       Editor : Redaksi

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,416,Berita Utama,477,Berita-Foto-Video,399,Berita-Terkidni,13,Berita-Terkini,2036,Covid-19,98,Daerah,2069,EkBis,339,Hak jawab,11,HuKrim,779,Hukum,61,In-Depth News,41,Internasional,287,Investigasi,11,Kesehatan,349,Kuliner,9,LifeStyle,242,Nasional,685,Olahraga,200,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,π™ΏπšŠπš›πš’πš πš’πšœπšŠπšπšŠ,3,Pemerintahan,681,Pendidikan,180,Peristiwa,347,Politik,410,Polri,128,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Tips Puasa Sehat Tanpa Sakit Perut
Tips Puasa Sehat Tanpa Sakit Perut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjje5AY2UnWCKHoEERSJbxyjAEwzIQHZppm73sis3Kf2p9bwSVI6k_cBcPAcA9f_WNukd6C6F2HeNpeMHFQ5PL3TampiOmfLDsY3j2BfPBC35O5Rckbbi8q1v-mEjAVl_-IJ3JJtCI-qFuMA8mo-tatzJ7bV1wjLUEJjezROs1tfRU0qMah_ccZy9rA/s16000/Kenapa-Perut-Terasa-Sakit-Setelah-Berbuka-Puasa.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjje5AY2UnWCKHoEERSJbxyjAEwzIQHZppm73sis3Kf2p9bwSVI6k_cBcPAcA9f_WNukd6C6F2HeNpeMHFQ5PL3TampiOmfLDsY3j2BfPBC35O5Rckbbi8q1v-mEjAVl_-IJ3JJtCI-qFuMA8mo-tatzJ7bV1wjLUEJjezROs1tfRU0qMah_ccZy9rA/s72-c/Kenapa-Perut-Terasa-Sakit-Setelah-Berbuka-Puasa.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2023/03/tips-puasa-sehat-tanpa-sakit-perut.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2023/03/tips-puasa-sehat-tanpa-sakit-perut.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content