Berita Utama

Usai Copot Kapolrestabes Medan, Kapolda Sumut Tunjuk Kombes Pol Armi Fahmi Sebagai Pengganti


Berita RakyatMedan - Pasca pencopotan Kombes Pol Riko Sunarko dari jabatannya untuk menjalani proses pemeriksaan, pelaksana tugas Kapolrestabes Medan diserahkan kepada Irwasda Poldasu Kombes Pol Armia Fahmi.

Pencopotan Kapolrestabes Kombes Riko Sunarko dari jabatannya itu disampaikan oleh Kapoldasu Irjen Pol Panca Simanjuntak kepada sejumlah wartawan di Mapoldasu, Jumat (21/1/2022).

Kapoldasu menjelaskan, pencopotan Riko Sunarko dari jabatan sebagai Kapolrestabes Medan tersebut terkait kasus dugaan suap dari istri bandar narkoba.

“Saya harus sampaikan proses hukum yang berkelanjutan, objektif, maka terhitung hari ini saya menarik Kapolrestabes Medan untuk melanjutkan pemeriksaan di Polda Sumut,"ujar Irjen Pol Panca Simanjuntak.

Terseretnya nama Riko Sunarko dalam kasus itu setelah adanya pengakuan mantan anak buahnya Bripka Ricardo Siahaan saat persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Bripka Ricardo menyebutkan, aliran dana itu sampai ke Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko. Bahkan, pengakuannya, uang Rp.75 Juta itu digunakan untuk membeli hadiah sepeda motor kepada anggota Bhabinsa yang berhasil menangkap puluhan kilo ganja adalah bagian dari uang suap.

"Terhitung hari ini saya menunjuk Irwasda Polda Sumut selaku pelaksana tugas (Plt) Polrestabes Medan,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Propam Mabes Polri turun tangan mengecek sejumlah pejabat kepolisian di Polrestabes Medan yang disebut menerima uang Rp 300 Juta dari istri seorang bandar narkoba dalam sidang kasus narkoba anggota Satres narkoba Polrestabes Medan.

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko disebut-sebut turut menerima uang sebesar Rp 75 Juta.

“Saya tidak ingin mengomentari materi persidangan. Saya sudah perintahkan Karo Paminal Propam Polri untuk cek ke Kabid Propam Polda Sumut,” ujar Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo saat dimintai konfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Sambo memastikan, Propam Polri tidak pandang bulu dalam menindak tegas setiap anggota kepolisian, bahkan pejabat kepolisian, dengan catatan apabila mereka terbukti menerima duit suap.

“Kalau benar ada nama-nama yang muncul, pasti kita akan tindak tegas!”, ucapnya.

Kombes Pol Riko Sunarko membantah terkait namanya disebut ikut menerima uang Rp 75 Juta dari istri bandar narkoba.

“Kasus yang ditangani Satnarkoba itu tidak pernah dilaporkan ke saya. Gimana saya mau bagi-bagi uangnya. Kasusnya saja nggak dilaporkan ke saya. Di situ kan dijelaskan saya perintahkan bagi-bagi," komentar Riko kepada wartawan.

Riko juga membantah soal uang itu digunakan untuk membeli motor untuk seorang Bhabinsa TNI, motor itu dia beli dengan uang sendiri.

“Kalau soal motor, saya pesan sendiri dan bayar lunas. Dan harganya bukan Rp 75 juta, tapi Rp 10 juta lebih aja itu motor bebek,"terang Riko.

“Yang bersangkutan kan menjelaskan di sidang, yang dia ceritakan mendengar dari orang, dia tidak mengalami itu", tambahnya.


Penulis : Sofar Panjaitan
Editor : Abdi

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,422,Berita Utama,489,Berita-Foto-Video,411,Berita-Terkidni,15,Berita-Terkini,2050,Covid-19,109,Daerah,2070,EkBis,340,Hak jawab,13,HuKrim,787,Hukum,62,In-Depth News,42,Internasional,288,Investigasi,14,Kesehatan,350,Kuliner,11,LifeStyle,244,Nasional,689,Olahraga,203,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,𝙿𝚊𝚛𝚒𝚠𝚒𝚜𝚊𝚝𝚊,3,Pemerintahan,683,Pendidikan,182,Peristiwa,353,Politik,413,Polri,129,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Usai Copot Kapolrestabes Medan, Kapolda Sumut Tunjuk Kombes Pol Armi Fahmi Sebagai Pengganti
Usai Copot Kapolrestabes Medan, Kapolda Sumut Tunjuk Kombes Pol Armi Fahmi Sebagai Pengganti
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjutZW1ALfJaPdXiceALNKq_oFnfjmUm1hh02-zjVyNgpHM8BiMaR6gJINSqOm-mgPAyBolNQ3jgWcVRitX3EqmO9yeXh2PoMF6YQvrKoFkrxk-hZtt-d8xyIeS0GDpw-j5mrjEuktuiR3LZCMDZGuCC_jwsqmM0m48sigUgnd4G2QfSOq393QK7Q7gvA=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjutZW1ALfJaPdXiceALNKq_oFnfjmUm1hh02-zjVyNgpHM8BiMaR6gJINSqOm-mgPAyBolNQ3jgWcVRitX3EqmO9yeXh2PoMF6YQvrKoFkrxk-hZtt-d8xyIeS0GDpw-j5mrjEuktuiR3LZCMDZGuCC_jwsqmM0m48sigUgnd4G2QfSOq393QK7Q7gvA=s72-c
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/01/usai-copot-kapolrestabes-medan-kapolda.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/01/usai-copot-kapolrestabes-medan-kapolda.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content