Berita Utama

MIND ID Gelar BIGMIND Innovation Award 2022 Berhadiah Rp 1 Miliar




Berita RakyatBUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, kembali menyapa para penggiat dunia pertambangan dan inovasi melalui gelaran roadshow ketiga di Andaliman Hall, Medan. 

Lomba inovasi bertajuk BIGMIND Innovation Award 2022 ini, terbuka untuk kalangan startup, akademisi, komunitas litbang, dan karyawan pertambangan, serta masyarakat umum untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan yang dikenal memiliki kompleksitas tinggi. 

Boosting Innovator and Greenovator in the Mining Industry atau disingkat menjadi BIGMIND Innovation Award 2022, merupakan kompetisi inovasi ke-4 MIND ID dalam rangka melanjutkan kesuksesan event sebelumnya yang telah terbukti mampu mengasah talenta putra-putri bangsa dan melahirkan banyak ide dan inovasi serta membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tema Roadshow Medan

Pada Roadshow Medan kali ini panitia mengusung tema Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Proses Industri Hijau Berkelanjutan, MIND ID menyoroti ragam inovasi dalam lanskap pertambangan yang diharapkan mampu memotivasi para periset dan inovator indonesia untuk mampu berfikir kritis dan menjadi lebih kreatif. 

Direktur Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo ketika membuka acara yang dihadiri lebih dari 150 orang secara luring dan 300 peserta secara daring ini mengatakan, bahwa saat ini, dunia lebih membutuhkan orang kreatif di banding orang pintar

“Dengan berfikir kritis, harapannya setiap peserta mampu melihat adanya peluang dari sebuah permasalahan. Selalu terdapat solusi yang mampu menjawab tantangan sehingga akhirnya mampu menambah nilai bagi Perusahaan,” tutur Dilo berdasarkan keterangan resmi yang dikutip Selasa, (07/06/2022)

Pembicara

Dalam acara Roadshow kali ini, dua pembicara yang memiliki pengalaman dan kemampuan dihadirkan untuk menggambarkan kepada peserta terhadap tantangan yang dihadapi dunia pertambangan saat ini dalam kaitannya terhadap proses industri.

Dua pembicara itu adalah Danny Praditya, selaku Direktur Operasi dan Portfolio MIND ID dan CCUS (Carbon Capture Utilization and Storage) serta Dekarbonisasi yang dibawakan oleh Triharyo Indriawan Soesilo atau yang akrab dengan sapaan Hengky selaku Staff Khusus Mentri ESDM bidang percepatan pembangunan infrastruktur dan Investasi. Sedangkan moderator diskusi adalah Edi Mugiono yang menjabat sebagai Kepala Departemen Engineering PT Inalum (Persero).   

Hilirisasi Batu Bara

Hengky menyebutkan, Pemerintah sesuai dengan arahan Presiden agar fokus dan cermat terkait proyek Hilirisasi Batu Bara khususnya proyek gasifikasi batubara menjadi DME (Dimethyl Eter). Proyek inipun menjadi salah satu proyek strategis nasional yang dibuktikan dengan telah dilaksanakannya Ground Breaking proyek Hilirisasi batu bara menjadi DME oleh Presiden pada bulan Januari 2022 lalu. 

Proses Gasifikasi Batu Bara ini akan menghasilkan CO2 sekitar 4 juta ton per tahun, yang harus di-injeksikan ke Bumi, agar produk DME menjadi "Green Product". Injeksi 4 juta ton CO2 per tahun ini adalah Proyek Carbon Capture and Storage (CCS) yang terbesar di dunia.

Akan tetapi dampak dari Gasifikasi ini adalah CO2 yang dihasilkan. “Volume injeksi CO2 sebanyak 4 juta ton CO2/tahun merupakan yang terbesar di dunia. Kapasitas penyimpanan CO2 pada cekungan di Sumatera Selatan relative cukup besar,” kata Hengky.




“Indonesia menjadi mitra pertama Pemerintah Jepang untuk mengimplementasikan CCS. Kementrian ESDM akan mengeluarkan regulasi MRV untuk Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization Storage (CCUS),” ungkap Hengky. 

Setelah peserta mendapat gambaran pentingnya teknologi CCUS dan komitmen terhadap pengurangan emisi karbon, kemudian dilanjutkan dengan materi paparan mengenai proses industriy dalam dunia pertambangan. 

“Kita harus memastikan ketersediaan sumber daya mineral yang menjamin keberlanjutan untuk masa depan yang bisa kita monetize dan optimalkan serta bagaimana kita minimized dampaknya bagi masyarakat dan soscial. Selanjutnya bagaimana kita meningkatkan organisasi yang lebih efektif dan memastikan keberlangsungan fungsi dari lahan yang telah kira eksploitasi untuk tetap terjaga,” ucap Danny Praditya. 

Syarat dan Cara Pendaftaran Lomba Berhadiah Rp1 Miliar

Pada roadshow ketiga ini, para peserta juga mendapatkan paparan mengenai ketentuan perlombaan, mulai dari syarat dan ketentuan hingga tata cara pendaftaran. Antusiasme peserta sejenak meningkat ketika Ratih Dewihandajani Amri selaku SVP IMMRI MIND ID menyampaikan total hadiah yang mencapai hampir Rp1 Miliar, dan terdapat kesempatan untuk mengikui program inkubasi bagi tim yang dipilih oleh manajemen puncak MIND ID. 

“Dalam ajang BIGMIND Innovation Award 2022 ini kami memberi kesempatan bagi semua kalangan untuk bergabung dan mengirimkan karya inovasinya. Berkesempatan bagi 12 tim terbaik untuk bisa memenangkan hadiah total 900 Juta Rupiah, serta untuk tim yang hasil karyanya mampu menjawab tantangan Perusahaan serta dapat di implementasikan di lingkungan Grup MIND ID, Grup, maka terdapat kesempatan untuk mengikuti program inkubasi,” sebut Ratih yang juga menjabat sebagai Steering Committee BIGMIND Innovation Award 2022.




Untuk memperdalam gambaran mengenai seputar bisnis pertambangan di Indonesia, maka panitia menyediakan rangkaian roadshow. Roadshow selalu diselenggarakan secara offline dan online (Hybrid) yakni: 
(i) Jakarta 13 Mei 2022 (hybrid) – Proses Bisnis dan Digitalisasi
(ii) Webinar 20 Mei 2022 – Eksplorasi dan Digitalisasi 
(iii) Medan 36 Juni 2022 – CCUS, Carbon Reduction dan Proses Industri
(iv) Palembang 10 Juni 2022 – Proses Bisnis dan Pertambangan
(v) Webinar 17 Juni 2022 – Proses Industri dan Digitalisasi
(vi) Makassar 24 Juni 2022 – Eksplorasi dan Pertambangan. 

Roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 menghadirkan praktisi, expert dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia.

MIND ID optimis dengan hadirnya perkembangan teknologi CCUS dan karya inovasi yang mampu menurunkan nilai karbon akan turut menghijaukan bumi dan melestarikan alam. Proses industriy yang dikelola secara professional dan penuh inovasi perbaikan akan memperkuat tata kelola operasional yang baik dan meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan yang berkelanjutan. 

“Inovasi ini jadimerupakan salah satu budaya di Grup MIND ID yang mendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN” tandas Ratih. []

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,422,Berita Utama,489,Berita-Foto-Video,411,Berita-Terkidni,15,Berita-Terkini,2050,Covid-19,109,Daerah,2070,EkBis,340,Hak jawab,13,HuKrim,787,Hukum,62,In-Depth News,42,Internasional,288,Investigasi,14,Kesehatan,350,Kuliner,11,LifeStyle,244,Nasional,689,Olahraga,203,Opini,99,Otomotif,27,Pariwisata,77,𝙿𝚊𝚛𝚒𝚠𝚒𝚜𝚊𝚝𝚊,3,Pemerintahan,683,Pendidikan,182,Peristiwa,353,Politik,413,Polri,129,RELIGI,82,Satpol PP,6,Seni-Budaya,63,Sorot,427,Sosial,18,teknologi,30,TNI,5,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: MIND ID Gelar BIGMIND Innovation Award 2022 Berhadiah Rp 1 Miliar
MIND ID Gelar BIGMIND Innovation Award 2022 Berhadiah Rp 1 Miliar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEKzb_i3tqysCPXGPkXC9h3aATCpJOKIP8ZV7puPzmQwZgr3KRa0tT0mX49pK2rvyh67jCClIPyxWIHSGNhlMBlHFmQhgN5zzOevS4viZ5dc6evSutOheN6fT4-BeFOkR9sXVi47MIW__ShnZtbBW6W9xnl7-brCFEBMu_25y1RoRdRqkIuhFZzQ/s16000/music-6079183__340.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEKzb_i3tqysCPXGPkXC9h3aATCpJOKIP8ZV7puPzmQwZgr3KRa0tT0mX49pK2rvyh67jCClIPyxWIHSGNhlMBlHFmQhgN5zzOevS4viZ5dc6evSutOheN6fT4-BeFOkR9sXVi47MIW__ShnZtbBW6W9xnl7-brCFEBMu_25y1RoRdRqkIuhFZzQ/s72-c/music-6079183__340.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2022/06/mind-id-gelar-bigmind-innovation-award-berhadiah-rp-1-miliar.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2022/06/mind-id-gelar-bigmind-innovation-award-berhadiah-rp-1-miliar.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content