Berita Utama

PPDB Berkeadilan dan Nasib Sekolah Swasta

Oleh    : Mohammad  Hasyim

Minggu-minggu  belakangan kesibukan menjadi pemnandangan lazim sekolah-sekolah di tanah air. Terkini adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pun juga sekolah-sekolah di Kabupaten Banyuwangi. PPDB harus dilakukan untuk menjamin  keberlangsungan aktivitas pendidikan di suatu sekolah, sekaligus menjamini kepastian memperoleh akses pendidikan bagi semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali.


Karena masih dalam suasana pandemi yang belum juga mereda, PPDB tahun ini (2021) dilaksanakan secara daring di sebagian besar sekolah, dengan pengecualian wilayah-wilayah tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh jaringan internet dan tidak memiliki fasilitas IT bisa dilakukan secara luring maupun ofline dengan mendaftar langsung secara personal di sekolah terdekat.


Secara garis besar tidak ada perubahan dan/atau perbedaan yang mendasar PPDB tahun ini dibanding dengan PPDB tahun sebelumnya, tahun 2020. PPDB tahun ini tetap menggunakan empat jalur/mekanisme, masing-masing jalur Zonasi untuk jenjang SD paling sedikit 70% dari total daya tampung atau pagu sekolah. Sementara untuk jenjang SMP dan SMA minimal 50% dari total daya tampung atau pagu sekolah, sedang untuk SMK yang tahun lalu belum menggunakan Zonasi tahun ini ditetapkan 10% dari total daya tampung atau pagu sekolah.


Jalur afirmasi diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu maupun penyandang disabilitas (difabel) paling sedikit 15% dari keseluruhan daya tampung atau pagu sekolah. Untuk jalur perpindahan tugas orangtua atau wali dipatok dengan kuota paling banyak 5% dari total pagu sekolah. Dan terakhir adalah jalur prestasi, baik prestasi hasil berbagai perlombaan/kejuaraan maupun prestasi akademik adalah sisa dari kuota sebelumnya maksimal 30% dari total pagu sekolah.


Konsisten dan Adil


Dengan merujuk kepada peraturan baik dari pusat, dalam hal ini Permendikbud nomor 1 tahun 2021, juga Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 15 tahun 2021 untuk pendidikan dasar dan Pergub Nomor 24 tahun 2021 untuk Pendidikan Menengah, diharapkan PPDB di Kabuaten Bnayuwangi untuk semua jenjang sekolah berlangsung dengan baik tanpa muncul persoalan yang berarti. Karena itu perlunya konsistensi (kesungguhan) menjalankan kegiatan PPDB ini sesuai aturan yang berlaku. Pengawasan atau kontrol pihak-pihak berkepentingan (stakeholder) diefektifkan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa PPDB tahun ini di banyuwangi berjalan dan/atau dilaksanakan dengan adil, transparan dan akuntabel. Adil dengan memberi kesempatan kepada semua warga negara diseluruh wilayah Banyuwangi tanpa diskriminasi, adil juga dengan memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah lain, terutama swasta kecil, untuk tetap bisa eksis dan memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat sekitar.


Nasib Sekolah Swasta


Berbeda dengan sekolah-sekolah negeri, nasib sekolah swasta tidak seberuntung sekolah negeri. Untuk mendapatkan calon peserta didik baru sesuai pagu yang diinginkan sekolah yang dikelola oleh badan penyelenggara pendidikan swasta ini haru bekerja keras disetiap gelaran PPDB.


Pengamatan dan tinjau lapang yang penulis lakukan beberapa tahun terahir menemukan fakta bahwa banyak sekolah swasta kecil, pinggiran dengan fasilitas minim, selalu memperoleh calon siswa baru jauh kurang dari pagu yang disediakan. Banyak ruang-ruang kelas kosong tak terisi oleh siswa baru. 


Dari sisi jumlah, sekolah swasta sangat banyak, sementara jumlah calon siswa baru terus berkurang dari tahun ke tahun. Disinilah pentingnya moratorium pendidirian sekolah-sekolah baru ditegakkan. Penting diperhatikan, bagi sekolah-sekolah, terutama negeri, yang memeperoleh jumlah pendaftar calon siswa baru  lebih banyak dari pagu yang disetujui/tersedia di sekolah, untuk tidak menambah rombongan belajar (kelas) untuk menampung kelebihan kuota apapun alasanya. Pun juga jumlah siswa pada setiap rombelnya tidak boleh melebihi pagu yang ditetapkan. Juga jumlah rombongan belajar (kelas) di setiap  sub kelasnya tidak boleh melebihi batas yang ditentukan.


Pertimbangan-pertimbangan diatas dilakukan untuk memberi peluang bagi sekolah swasta agar bisa memperoleh calon siswa baru, sekaligus menjaga tetap berlangsungnya layanan pendidikan di sekolah swasta tersebut (berkeadilan). Karena itu dalam konteks ini, saatnya gelaran PPDB, setidaknya tahun depan, harus melibatsertakan sekolah-sekolah swasta dalam suatu zonasi. Hal ini sangat bisa dilakukan karena sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 tahun 20121 pasal 16  menyatakan bahwa “ (1),  pemda dapat melibatkan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat dalam pelaksanaan PPDB, (2), ketentuan mengenai pelaksanaan PPDB bagi sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kewenangan”.


         Mohammad Hasyim , pengawas pendidikan (purna tugas), pengurus Dewan Pendidikan Kab. Banyuwangi, mengajar di IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi



Editor : Hakim Said

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,228,Berita Utama,283,Berita-Foto-Video,337,Berita-Terkini,1791,Covid-19,53,Daerah,1968,EkBis,309,Hak jawab,5,HuKrim,733,Hukum,24,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,221,Nasional,643,Olahraga,175,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,640,Pendidikan,152,Peristiwa,296,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: PPDB Berkeadilan dan Nasib Sekolah Swasta
PPDB Berkeadilan dan Nasib Sekolah Swasta
https://1.bp.blogspot.com/-rzKoa0QpFoQ/YN0zpvbmTvI/AAAAAAAAcQk/ep3e8m2ZeMM8_FulWXkvQEMR5nY2bZENgCNcBGAsYHQ/w341-h400/Hasyim%2B3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-rzKoa0QpFoQ/YN0zpvbmTvI/AAAAAAAAcQk/ep3e8m2ZeMM8_FulWXkvQEMR5nY2bZENgCNcBGAsYHQ/s72-w341-c-h400/Hasyim%2B3.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/ppdb-berkeadilan-dan-nasib-sekolah.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/ppdb-berkeadilan-dan-nasib-sekolah.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content