Berita Utama

Korban Penganiayaan Pesta Miras Tak Menuntut, Terselesaikan Berkat Tiga Pilar Desa Aliyan

Prosesi sidang tiga pilar di Desa Aliyan, musyawarah perdamaian pertikaian pemuda pesta mirasuk
Berita Rakyat, Banyuwangi.  Salah Satu cara yang dilakukan dengan memaksimalkan peran tiga pilar, yakni kepala desa (Kades)  Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengayomi masyarakat dilakukan tiga pilar Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi pada Kamis (15/7/21) pagi di pendopo desa setempat.

 

Berangkat dari keributan yang terjadi kesalahpahaman antara Timbul (35), warga Dusun Plembangrejo, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, dengan Hendri Harsono (39), ,  Ilham (34), Waseso (33), Andri Yoga Prasetyo(29), dan  dan Hariono (36), yang kesemuanya adalah  warga Dusun Sukodono, namun berbeda RT dan RW, masuk  Desa  Aliyan Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

 

Sebagaimana paparan kedua belah pihak, pada Rabu (14/7/21) sekitar pukul 23.30 WIB, ketika antara Timbul dengan Hendri Harsono Cs, menggelar pesta minuman keras(miras) berupa tuak. Yang dalam proses berikutnya terjadi pemukulan yang dilakukan oleh Wasiso terhadap Timbul hingga mengalami luka berdarah-darah.

 

 “Awalnya saya bermaksud melaporkan kejadian pemukulan terhadap saya ini ke Mapolsek Rogojampi, namun dengan pertimbangan semuanya masih teman, akhirnya tidak jadi melapor. Lalu permasalahan ini kita selesaikan dengan musyawarah dan kekeluargaan, dan saya tidak melakukan penuntutan secara hukum terhadap Waseso dkk,” ungkap Timbul kepada media ini.

 

Dalam kesempatan musyawarah tiga pilar di Balai Desa Aliyan, yang dipimpin Kades Anton Sujarwo, didampingi Bhabinkamtibmas Aiptu Arif dan Babinsa Serka Sunandar, dengan sabar dan telaten memberikan nasehat serta pengarahan  kepada kedua belah pihak yang terlinat pertikaian.

 

Pemuda mabuk pesta miras lekukan sujud karena kasusnya selesai dengan musyawarah tiga pilar

“Setelah kita mediasi, akhirnya dengan kesadaran, Waseso dkk nya berjanji tidak akan melakukan miras lagi. Selain itu juga tidak bakal  mengulangi lagi perbuatannya yang telah dilakukan kepada Timbul. Sekaligus juga tidak akan melakukan kegiatan yang membuat resah masyarakat,” ujar Kades Anton Sujarwo.

 

Pantauan media ini, saat mediasi Bhabinkamtibmas Aiptu Arif sempat mempertanyakan asal usul tuak yang dipergunakan untuk pesta miras tersebut. Dan Waseso mengakui bahwa dirinya membeli dari Desa Patoman, yang tidak dia ketahui namanya. Selain itu Waseso juga mengatakan bahwa tuak tersebut dia beli dari orang yang namanya Anton di Sukodono.

 

“Berdasarkan pengakuan Waseso yang mengatakan bahwa tuak yang diminum itu dia beli di Sukodono, kita langsung mengajak Kepala Dusun Sukodono melakukan croscek. Hasilnya kita berhasil menyita barang bukti (BB) satu Jerigen warna abu-abu  yang berisi tuak. BB jerigen berisi tuak tersebut akan kita serahkan ke Mapolsek Rogojampi, " lontar Bhabinkamtibmas Aiptu Arif.

 

Diakhir sidang tiga pilar, Kades Anton Sujarwo, menegaskan nasehatnya  kepada kedua belah pihak. Dengan sedikit nada tinggi, Kades Anton menekankan pesannya, bahwa semua seharusnya punya pikiran karena mereka sudah berkeluarga dan tidak sepantasnya melakukan pesta miras yang berakibat keributan.

 

“Kalian semua masih kita eman, masih untung masalah seperti ini diselesaikan di desa. Jika kita biarkan bagaimana jadinya coba, harusnya kalian mikir masa depan. Sudahber keluarga mau jadi apakalau begini terus ? Berkali-kali saya bicara kan, kalau kalaian masih mengulangi lagi dan tidak bias diingatkan, tak biarkan kalian. Biar Pak Babinsa dan Pak Bhabinkamtibmas patroli tiap malam dan nyiduk kalian jika masih menggelar pesta miras,” sergah Anton.

 

Sebelum bubar musyawarah tiga pilar, Babinsa Serka Sunandar memberikan sangsi kepada warga binaannya yang telah meresahkan masyarakat tersebut dengan menyuruh sujud di kantor Balai Desa Aliyan. “Supaya tidak mengulangi lagi mabuk-mabukan. Alhamdulillah rembug tiga pilar hari ini berjalan lancar dan harapan kedepannya sikon Desa Aliyan bisa lebih aman dan kondusif serta  tidak ada permasalahan yang timbul sehingga tercipta saling menjaga dan membangun desa,” pungkasnya.



Editor : Hakim Said

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Nama

Advertorial,225,Berita Utama,281,Berita-Foto-Video,336,Berita-Terkini,1790,Covid-19,53,Daerah,1966,EkBis,308,Hak jawab,5,HuKrim,731,Hukum,24,In-Depth News,29,Internasional,276,Investigasi,4,Kesehatan,330,Kuliner,3,LifeStyle,221,Nasional,643,Olahraga,175,Opini,89,Otomotif,27,Pariwisata,72,Pemerintahan,638,Pendidikan,151,Peristiwa,294,Politik,401,Polri,106,RELIGI,66,Satpol PP,5,Seni-Budaya,54,Sorot,418,Sosial,8,teknologi,27,TNI,1,
ltr
item
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat: Korban Penganiayaan Pesta Miras Tak Menuntut, Terselesaikan Berkat Tiga Pilar Desa Aliyan
Korban Penganiayaan Pesta Miras Tak Menuntut, Terselesaikan Berkat Tiga Pilar Desa Aliyan
https://1.bp.blogspot.com/-4McQtsMDFgw/YPAYYZ2tUQI/AAAAAAAAcdk/Dq0HFrLqx1IoSAUvqhJrq-SLzs7AkE1JQCNcBGAsYHQ/s16000/Pilar%2B3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4McQtsMDFgw/YPAYYZ2tUQI/AAAAAAAAcdk/Dq0HFrLqx1IoSAUvqhJrq-SLzs7AkE1JQCNcBGAsYHQ/s72-c/Pilar%2B3.jpg
PT. Berita Rakyat Indonesia - Berita Untuk Rakyat
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/korban-penganiayaan-pesta-miras-tak.html
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/
https://www.beritarakyat.co.id/2021/07/korban-penganiayaan-pesta-miras-tak.html
true
4841122110563173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content